Cara Membuat Pentol Tempe

Rabu, 29 Maret 2017

Cara Membuat Pentol Tempe

Cara Membuat Pentol Tempe
Cara Membuat Pentol Tempe

Cara Membuat Pentol Tempe
-Hay guys, kawan, sobat, bunda, dan semuanya sahabat bloggers saya kali ini kita akan membahas resep yang sekiranya ya mungkin unik dan asing di dengar. Hehehe kali ini kita akan bahas seluk beluk cara membuat pentol tempe, apa itu pentol tempe? Ya yang pastinya pentol yang terbuat dari tempe. Hehehehe. Untuk resep pentol tempe kali ini yah hamper sama dengan cilok, namun bahan intinya bukan daging sapi atau ayam, beberapa resep tempe telah dijadikan sebagai Brownies Tempe, dengan hamper langkanya tempe yang merupakan makanan khas tradisional termasuk pulau Jawa, kita dapat mengaplikasikannya dan menginovasi tempe menjadi suatu pentol. Wah siapa yang tak suka dengan pentol. Tidak ada salahnya kan jika kita mempelejari resep Pentol Tempe ini. Pasalnya tempe juga sangat aman dan menyehatkan untuk pertumbuhan tubuh kita karena kandungan kedelainya dan proses pembuatannya yang masih sangat alami, jangan bosan-bosan makan tempe ya… kita harus bisa menjaga dan melestarikan makanan tradisional nenek moyang kita. Ok langsung saja kita bahas resep di bawah ini, oh iya bahan yang dibutuhkan juga mudah dan pastinya tersedia di kios sekitar rumah Anda.
 
Bahan Cara Membuat Pentol Tempe:
  • 1 papan (bungkus) tempe berukuran tebal
  • 1 butir telur ayam
  • 1 lembar daun bawang
  • 1 lembar seledri
  •  1 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicincang halus
  •   ¼ kilogram tepung terigu
  • ¼ kilogram tepung kanji merk yang bagus
  • Gula pasir secukupnya
  •  Garam dapur secukupnya
  • 1 gelas cangkir besar Air jernih
  • Minyak goreng atau air untuk proses pemasakan bahan yang sudah tercetak

Langkah Cara Membuat Pentol Tempe:
  1. Pertama, cincang tempe terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam blender, tujuan mencincang tempe adalah untuk mempermudah dan mempercepat pemblenderan tempe.
  2. Siapkan Loyang lalu tuangkan tepung terigu, tepung kanji, gula, garam, bawang putih, bawang daun, seledri yang ukurannya sudah tertera saya jelaskan diatas tadi dan jangan lupa tuangkan tempe yang sudah diblender tadi.
  3. Siapkan air dan rebus, sambil menunggu air mendidih, aduklah adonan tersebut menjadi satu agar tercampur semua bahannya.
  4. Bila air sudah mendidih, tuangkan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan dan aduklah, air di dalam panci sebaiknya diletakkan kembali di atas kompor yang apinya kecil agar suhu dan temperature air tetap tinggi.
  5. Tuangkan air dan aduk kembali, lakukan cara ini hingga adonan benar-benar pas (tidak terlalu padat dan tidak terlalu cair terlalu  banyak air). Bila adonan terasa cukup maka matikan kompor merebus air tadi.
  6. Uleni adonan hingga benar-benar luwes, lalu kepal-kepal dengan tangan, untuk ukurannya sesuai selera anda, namun jangan terlalu besar agar menghindari ketidak matangan pentol di bagian tengahnya.
  7. Bila semua adonan sudah tercetak, maka anda bisa memilih untuk merebus atau menggorengnya.
  8. Untuk memilih pentol yang digoreng, gunakan api yang berukuran kecil dan pentolnya sering dibolak-balik agar tidak gosong dan matang merata.
  9. Apabila anda memilih pentol yang direbus, maka anda siapkan setengah panci sedang air lalu rebus tunggu hingga tanda-tanda mendidih, kemudian masukkan pentol ke dalam rebusan air, tunggu hingga pentol mengapung ke permukaan, itu pertanda bahwa pentol sudah matang. Terakhir tiriskan.

Nah Langkah Cara Membuat Pentol Tempe sudah jadi, mudah dan ringkas bukan cara diatas? Anda dapat juga melihat referensi resep-resep pentol seperti
Ada juga resep camilan, seperti:

Share :
Facebook Twitter Google+

 
Cara Membuat Donat