Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cilok Daging Ayam

Cara Membuat Cilok Daging Ayam

Cara Membuat Cilok Daging Ayam

Resep Cara Membuat Cilok Daging Ayam - Pernahkan anda menjumpai cilok dari daging ayam?. Mungkin kali ini berbeda dengan resep yang lain. Untuk resep ini menggunakan bahan dasar daging ayam yang harganya lebih murah dan mudah didapat. Cilok dari daging ayam ini tak perlu diragukan. Resep cilok daging ayam ini sama sekali tidak menggunakan bahan dasar campuran yang berbahaya, bumbu-bumbu yang diolahnya pun juga sangat sangat sederhana . apalagi jika anda pintar mengolahnya. Bagaimana agar anda pintar mengolah bumbu-bumbunya? Tak perlu khawatir tinggal anda simak dan anda pahami dulu apa saja bahan yang diperlukan dan bagaiamana cara pembuatannya. Sekilas pemberitahuan teradang seseorang lebih memilih untuk membeli, memang enak sih tinggal terima namun kita juga harus pandai menjaga kesehatan tubuh kita, bagaimana caranya? Apakah memakan makan-makanan yang mahal? Makanan mahal itu bukan tergantung dari harga dan varian rasanya. Namun semua itu tergantung bahan, dan kebersihannya yang selalu tetap dijaga aga dapat tercipta sehat yang abadi. Cilok daging ayam ini biasanya terkkenal dengan teksturnya yang halus, rasanya yang sedap dan kenyal dimakan. Anda ingin tau resep rahasianya  kesempurnannya? Simak artikel berikut ini

Bahan Cara Membuat Cilok Daging Ayam
  • 1 kg daging ayam giling yang masih segar
  • 1 ons tepung kanji, pilih merk yang bagus agar bisa lebih nikmat, tepung ini berfugsi sebagai bahan pengental
  • 6 siung bawang putih yang sudah dikupas
  • 1 siung bawang merah yang sudah dikupas
  • 1 sendok makan garam beriodium
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • penyedap rasa secukupnya merk apapun

Langkah-langkah Cara Membuat Cilok Daging Ayam
  1. Siapkan bawang putih dan merah yang sudah dihaluskan, jika sudah halus campurkan ke dalam adonan ayam giling
  2. Tambahkan pula merica, garam, gula, penyedap rasa sekaligus tepung kanji secara perlahan kemudian aduk dan uleni adonan hingga tercampur rata dan kalis.
  3. Kemudian bentuklah adonan dengan bentuk bulat dengan menggunakan kedua tangan, tangan kanan untuk adonan, dan tangan kiri untuk memegang sendoknya, usahakan tangan dalam keadaan bersih, usahakan ukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
  4. Kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah terisi setengah air mendidih.
  5. Jika sudah matang dan mengembang tiriskan sebentar. Tanda cilok yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih.
  6. Angkat cilok yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.

Atau anda juga bisa memilih dengan cara yang lebih praktis seperti ini


  1. Siapkan daging ayam segar yang sudah dipisahkan dari tulangnya, tepung kanji dan bumbu-bumbu yang telah disiapkan, seperti bawang putih,, bawang merah garam, merica bubuk, penyedap rasa dan bawalah ke tempat penggilingan daging, biasanya disana akan digilingkan hingga menajdi adonan.
  2. Kemudian bentuklah adonan dengan bentuk bulat dengan menggunakan kedua tangan, tangan kanan untuk adonan, dan tangan kiri untuk memegang sendoknya, usahakan tangan dalam keadaan bersih, usahakan ukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.
  3. Kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah terisi setengah air mendidih.
  4. Jika sudah matang dan mengembang tiriskan sebentar. Tanda cilok yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih.
  5. Angkat cilok yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.
Penasaran juga bagaimana cara membuat bakso kuah, baca juga aneka resep bakso.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cilok Daging Ayam"