Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Susu Kedelai Sehat

Cara Membuat Susu Kedelai Sehat
Cara Membuat Susu Kedelai Sehat

Assalamu’alaikum , sobat  kuliner .... ? Apa kabar kalian semua ? semoga kalian selalu diberikan kesehatan oleh Allah .. Amin 
Sahabat kuliner, saya akan memberikan sebuah resep lagi buat kalian kali ini bukan resep makanan tapi resep minuman . bisa dikatakan makanan juga sih .. karena bisa membuat kenyang juga . Minuman ini terbuat dari kedelai , yang mana kita tahu kedelai itu mengandung vitamin E , sehat untuk pencernaaan. Apalagi kalau diminum pada saat dingin . Rasanya segar dan membuat kenyang . Tidak salah lagi kalau menu kali ini adalah susu kedelai .Berikut ini saya akan menuliskan bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat susu kedelai dan langkah-langkah membuat nya juga .. susu kedelai ini memiliki banayak manfaat loh guys, selain tu cara pembuatannya juga mudah, cara ini bisa kita terapkan di rumah kita sendiri. bagi anda ynag sangat menyukai susu kedelai namun banyak job atau pekerjaan yan membuat anda menyukai hal-hal yang instan, hal ini bila dibiarkan lama-kelamaaan akan membuat efek yang kurang baik bagi tubuh anda. agar hasilnya lebih baik dan maksimal untuk diri sendiri maupun keluarga anda tercinta, anda dapat membuat susu kedelai ini di rumah dengan bantuan anak atau suami anda tercinta, hal ini juga akan menambah keharmonisan keluarga anda. bagi anda yang masih pemula dan pertama kali mencobanya, anda dapat memperhatikan prosedure di bawah ini. sebelum kita memulai membuatnya, marilah kita simak terlebih dahulu manfaat susu kedelai untuk tubuh anda. kedelai merupakan sumber protein yang sangat lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedelai mengandung  sembilan asam amino esensial. Tubuh akan mengubah asam amino menjadi protein baru, termasuk antibodi penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang memegang peranan pada jaringan, dan enzim yang membantu sel-sel menghasilkan energi. Setiap cangkir susu kedelai tanpa gula, mengandung 7 gram protein. Berikut beberapa kandungan vitamin dan mineral dari susu ini :

  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Riboflavin
  • Vitamin B12

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang pria. MayoClinic.com (portal kesehatan dunia) merekomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.
Oke sahabat kuliner yang pertama kita siapkan bahan-bahan nya dulu.
Bahan-bahan Cara Membuat Susu Kedelai Sehat:
  • 500 gr kacang kedelai 
  • 6 cm jahe muda
  • 2 lembar daun pandan yang disimpulkan
  • 2,5 liter air putih bersih

Selanjutnya langkah – langkah pembuatan nya ya sobat ... 

Langkah Cara Membuat Susu Kedelai Sehat:
  1. Cuci bersih kacang kedelai, rendam dengan air mineral sampai 1 ruas jari di atas permukaan kurang lebih 3 jam. Lalu blender beserta air rendaman sampai halus.
  2. Rebus air, siram di atas kacang kedelai yg sudah di blender aduk , peras menggunakan kain bersih untuk memisahkan ampas dan sarinya. (Dlm keadaan panas ya, biar sarinya kluar maksimal) ulangi hingga 2x atau sampai air habis.
  3. Rebus ulang sari kedelai hasil perasan, buang semua busa dari permukaan sari kedelai lalu masukkan jahe yang sudah di geprek dan pandan aduk pelan sampai mendidih kecil. Masak pake api kecil yaa biar bawahnya gak gosong. 
  4. Lalu dingikan sebelum simpan di wadah bersih dan simpan di kulkas. Bisa tahan sampe 3 minggu lebih. Air gula di pisah agar lebih awet.


Mudah kan ? Naahhh... sudah tau kan caranya membuat susu kedelai  , kalian bisa coba membuat susu kedelai nya yaa.... kalau kalian lagi boring di rumah ,gak ada teman, bisa baca artikel saya ini dan bisa mencoba membuat nya juga .. Siapkan bahan – bahannya dulu baru bisa kalian buat susu kedelai nya ... Langkah demi langkah kalian fahami dulu . Jangan lupa iya guyyss pesan di artikel artikel saya yang lainnya , sebelum memulai sesuatu harus didahului dengan niat terlebih dahulu ? Basmalah dan diakhiri dengan hamdalah . Alhamdulillah ? apalagi membuat suatu masakan , insyaallah masakan kalian enak deehh . dicoba saja guyyyssss ....

Oke, sahabat kuliner yang suka mencoba coba masakan , saya juga punya banyak resep yang bisa kalian baca juga selain resep ini , 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Susu Kedelai Sehat"