Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk

Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk
Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk

Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk - Nugget, apakah yang anda pikirkan degan makananan nugget ini? Makanan yang terbiasa kita jumpai di kalangan masyarakat atau minimarket atau kedai-kedai lainnya. Nugget ini memiliki ciri khas yang terbuat dari daging, udang, tahu dan dilapisi dengan tepung panir. Nugget yang sangat nikmat ini sangatlah renyah dan kriuk-kriuk di mulut kita yang menggoyang lidah. Nugget ini berbeda dengan nugget yang lain, nugget kali ini terbuat dari bahan dasar udang. Siapakan yang tidak suka dengan udang. Makanan atau ikan yang kaya akan protein ini sangat baik untuk perkembangan anak, dan siapapun yan tidak suka atau alergi dengan udang ya hindari itu agar tidak terjangkit penyakit. Nugget udag ini mungkin agak sudah dicari di sekitar lingkungan kita, maka dari itulah saya akan membahas dan membagikan resepnya untuk anda. Resep yang aman, praktis ini sagat cocok untuk anda pemula yang ingin membuat nugget dengan cara sendiri. Jangan khawatir untuk mengeluarkan bahan yang banyak dan mahal, karena yang dibutuhkan dalam pembuatan resep nugget udang kriuk-kriuk ini adalah sangat praktis dan tidak membuang waktu dan tenaga yang banyak. Nugget udang kriuk-kriuk ini bisa anda buat sendiri di rumah namun anda harus menyiapkan dulu bahan-bahannya. bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nugget udang kriuk-kriuk pun juga tidak susah didapatkan. Dan jangan khawatir pula bahwa nugget udang kriuk-kriuk ini tak perlu menggunakan bahan pengawet tambahan. Saya akan membagikan resep nugget udang kriuk-kriuk di bawah ini.

Bahan Dasar Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk :
  • 250 gram udang, ambil daging dari kulitnya lalu cincang halus
  • 5 sendok makan tepung terigu merk yang bagus
  • 1 sendok makan tepung aci
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 buah bawang Bombay, haluskan
  • 2 batang daun seledri
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 butir telur ayam, akan lebih baik jika anda gunakan telur ayam kampung karena memiliki kuning telur yang banyak
  • garam dapur secukupnya
  • penyedap rasa bila perlu

Bahan Pencelup Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk :
  • 1 butir putih telur ayam yang  dikocok lepas
  • 150 gram tepung panir secukupnya

Langkah Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk:
  1. Langkah pertama adalah mengucap kalimat bismillah agar nanti hasilnya dapat maksimal. Lalu masukkan bahan dan bumbu dasar menjadi satu wadah kemudian aduk rata.
  2. Bila anda sudah yakin adonan sudah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam Loyang dan ratakan, masukkan k eke dalam panci kukusan, kukus hingga matang sampai ke bagian dalam.
  3. Bila sudah matang, angkat dan pisahkan dari loyangnya. Diamkan beberapa saat sampai adonan dingin.
  4. Potonglah nugget trsebut sesuai bentuk selera anda, kemudian celupkan ke bahan pencelup.
  5. Caranya seperti ini, guling-gulingkan potongan adonan tersebut hingga semua permukaan dapat teroles rata dengan putih telur, kemudian guling-gulingkan ke tepung panir, kepal-kepal dengan tangan agar tepung panir dapat menempel rata ke seluruh permukaan nugget. Lakukan cara nomor 5 ini minimal 2 kali.
  6. Nugget bisa anda goreng langsung atau anda masukkan dahulu ke kulkas atau freezer untuk menunggu tepung panir benar-benar merekat dan tidak lepas.
Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk, sudah jadi. Nugget udang dapat disajikan dengan tambahan makanan seperti di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Nugget Udang Kriuk-Kriuk"