Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah

Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah
Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah

Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah - Keciput. Apa yang terdengar di telengi anda ketika orang-orang membicarakannya. Pasti tertuju dengan satu kekhasannya yaitu dengan wijennya, meskipun wijen ini berbentuk seperti biji dan kecil namun harganya tidak kalah murah loh. Wijen juga berfungsi untuk penghias makanan apapun termasuk keciput ini. Keciput terbiasa didominasi oleh hiasan wijen. Keciput wijen terbiasa dijual di pasaran dengan harga yang lumayan, namun terkadang kita belum puas dengan kerenyahannya. Keciput wijen biasanya berbentuk kecil dengan rasa manis dan biasanya menjadi kue lebaran. Nah bagi ibu-ibu atau siapapun yang suka memasak pastinya ingin tau dan mencari-cari resep keciput wijen. Entah dimana saja yang mengenalnya pasti ingin belajar resep keciput wijen yang renyah. Gimana sih rahasianya agar keciput tetap renyah dimakan dan tidak membosankan. Kali ini saya akan memberikan dan membahas resep keciput wijen. Resep keciput wijen yang akan saya bagikan ini berbeda dengan resep yang lainnya. Resep keciput wijen dari saya ini memiliki manfaat tersendiri pada masing-masing bahannya dengan takaran yang sesuai. Bagi anda yang suka memasak dan suka sekali dengan perawatan kesehatan tubuh, simak artikel ini kita akan belajar bersama megenai resep keciput wijen. Bagaimana agar keciput wijen ini tetap renyah, ayo kita simak dibawah ini tentunya anda tidak lupa dengan kalimat bismillah di setiap awal aktivitas donk

Bahan Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah :
  • 200 gram tepung ketan, pilih yang tmemiliki kualitas terbaik 
  • 120 ml santan kental, sebaiknya anda gunakan santan alami yang masih segar, dan masih baru anda peras. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesedapan cita rasa yang khas 
  • 1 sendok teh garam, akan lebih baik bila anda gunakan garam beryodium 
  • 4 sendok makan gula pasir merk apapun kecuali gula rendah kalori 
  • 1 butir telur ayam yang masih segar dan layak untuk dikonsumsi, anda bisa gunakan telur ayam kampong bila anda memilikinya. 
  • 1 butir kuning telur ayam yang masih segar, atau akan lebih baik bila anda gunakan telur ayam kampong, karena telur ayam kampung memiliki banyak kuningnya daripada putih telurnya. 
  • 1/2 sendok teh backing powder 
  • 1/2 sendok teh soda kue 
  • 250 gram atau ¼ kilogram biji wijen 
  • minyak untuk menggoreng, gunakan minyak yang masih baru dan masih belum terpakai, karena bila anda gunakan minyak yang sudah digunakan menggoreng berkali-kali maka minyak ini kurang baik untuk kesehatan. 

Langkah Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah :
  1. pertama, siapkan wadah untuk mengocok telur beserta putih dan kuningnya, beserta gula pasir, kocok bahn tersebut hingga rata menggunakan mixer keceptan sedang. Diusahakan menggunakan mixer agar kocokan dapat merata keseluruh bagian adonan. 
  2. Kemudian kita masukkan santan kental dan juga garam, aduk rata kembali. Untuk menghasilkan santan yang segar, gunakan perasan air santan yang pertama, bukan kelapa yang sudah diperas berkali-kali. 
  3. Lalu campur rata semua antara backing powder, tepung ketan, dan soda kue, kemudian ayak menggunakan alat ayak sederhana sambil dimasukkan bersama adonan tersebut, aduk semua adonan sampai rata. 
  4. Nah, bila adonan benar-benar tercampur rata dan kalis, saatnya kita bentuk adonannya. Caranya; kita ambil sedikit adonan (usahakan tangan anda bersih dan bebas dari kotoran atau kuman) lalu gosok-gosokkan kedua telapak tangan anda hingga adonan terbentuk. 
  5. Gulingkan pada wijen, lakukan hal yang sama hingga adonan keciput berturut turut sampai adonan terbentuk semuanya. 
  6. Sebelum berlanjut menggoreng, terlebih dahulu panaskan minyak dalam wajan agar kue nanti dapat mekar dan mengembang. Kemudian goreng keciput hingga kekuningan dan besarkan api dan goreng keciput hingga mengapung. Setelah keciput terapung, kecilkan api dan goreng hingga matang. 
  7. Angkat dan tiriskan kue keciput setelah dingin simpan dalam toples kedap udara. mengapa demikian. hal ini digunakan agar menjaga kerenyahan dan kegurihan keciput dalam waktu yang lumayan lama.

Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah - Dari penjelasan tersebut sangat mudah bukan langkah-langkah, yang tidak boleh anda lupakan adalah ketelatenan dan kesabaran dalam proses pembuatannya. Ingin makanan pelengkap untuk menambah masakan dapur anda, kunjungi juga aneka camilan seperti Resep Batagor Bandung, Resep Batagor Tahu, Resep Cireng Isi, atau Resep Cilok, Resep Cilok Mie dan masih banyak lagi lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kue Keciput Wijen Super Renyah "