Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kulit Lumpia Crispy, Gurih dan Lezat

Lumpia adalah kudapan yang sudah tidak asing lagi dalam khazanah kuliner indonesia. konon, makanan yang berasal dari negeri cina ini menjadi kue favorit di seluruh kawasan negeri jiran. bahkan di dunia international, panganan ini populer dengan nama sprng roll. dalam deretan menu modern, lumpia sering disajikan sebagai hidangan pembuka atau appetizer karena bentuknya mini dan tidak mengenyangkan. di indonesia, lumpia lebih cocok dikategorikan sebagai kudapan atau makanan selingan sebagai pengganjal perut antara sarapan dan makan siang atau makan malam.

Kulit ini digunakan sebagai pembungkus isian yang biasanya terdiri dari telur, sayur mayur yang segar, rebung pring,  daging, maupun makanan laut. isi lumpia dapat divariasikan menjadi berbagai jenis, namun pada umumnya mempunyai cita rasa gurih asin. kunci sukses pembuatan lumpia terletak pada kualitas kulit dan padu padan citarasa bahan isinya.

Para pemula tidak perlu khawatir atau ragu untuk membuat lumpia. kulit lumpia sudah banyak tersedia untuk siap pakai. klit lumpia dengan mudah didapat di pasar tradisional maupun swalayan dalam berbagai jenis mutu dan harga yang terjangkau. kulit lumpia yang baik tandanya tidak apek, tidak mudah sobek sewaktu digulung dan tidak mudah pecah sewakt digoreng.

disamping lumpia, kua yang hampir mirip dengan lumpia adalah risoles, perbedaan diantara keduanya hanya terletak pada jenis kulitnya, tekstur dan bahan yang digunakan. lumpia mempunyai tekstur renyah karena tipis, sedangkan risoles agak tebal, bertekstur lembur, dan biasanya ditambah bahan pelapis tepung roti. bahan utama kulit risoles adalah tepung terigu, telur, susu cair, dan mentega cair atau minyak sayur. isi risoles juga bervariasi dan bisa direka-reka tergantung selera kita.


Bahan - bahan membuat kulit lumpia yang gurih dan lezat :

  • 150 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt teh garam
  • 1 gelas air
  • 1 butir telur ayam (diambil putihnya saja)
  • 2 sendok minyak sayur

Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar :

  1. Sebelum memasak bacah Basmalah terlebih dahulu (bismillahirrohmanirrohim)
  2. Campurlah tepung, garam dalam satu tempat adonan sambil diaduk-aduk hingga merata. 
  3. Kemudian masukkan putih telur lalu aduk-aduk kembali dengan tangan atau dengan whisk sambil menuangkan air sedeikit demi sedikit hingga adonan betul-betul halus. 
    Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Baik, crispy, gurih dan lezat
  4. Selanjutnya diamkan adonan kurang lebih selama 30 menit.
  5. Panaskan Teflon atau wajan anti lengket dengan api kecil 
  6. Lalu olesi Teflon dengan sedikit minyak. Gunakan kuas khusus kue yang agak lebar, celupkan kus tadi ke dalam adonan kemudian olesi tefon sedikit demi sedikit hingga merata.
  7. Goreng adonan hingga adonnan memutih dan hampir kering, jika sudah mengelupas selanjutnya angkat secara berlahan dan agar adonan tidak lengket letakkan di atas daun pisang, lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

Tips dan trik ampuh agar kulit lumpia yang crispy tidak terlepas saat digoreng :


  • Gunakan 1 butir putih telur ayam dengan mecampurkan 1 sendok makan air putih kemudian kocok hingga merata. 
  • Oleskan campuran putih telur tadi di sisi luar kulit lumpia yang akan direkatkan, kemudian tekan secara perlahan.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit agar menempel lebih kuat. 
  • Pada saat menggoreng kulit lumpia crispy usahakan sekali saja membalik kulit lumpia crispy dan tipis ini ketika bagian bawah sudah berwarna kekuningan

Alhamdulillah akhirnya Kulit Lumpia Crispy, Gurih dan Lezat ala pakar resep sudah jadi, semoga bermanfaat.

mfvkvfm2261

3 komentar untuk "Cara Membuat Kulit Lumpia Crispy, Gurih dan Lezat"