Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Resep Masakan Rumahan Enak dan Praktis bagi Pemula

Editor : Atsa


Seringkali kita bingung mau masak apa dan selsai dengan beli kuliner di warung. Tapi usang-lama bosan juga dengan masakan yang itu-itu saja, rasanya jadi kangen kuliner rumah.


Setiap keluarga pastinya punya cerita perihal masakan rumahan tersendiri, kan? Masakan rumahan memang mudah dan mudah dibuat. Makanya, tidak ajaib bila jadi hidangan latihan bagi para pemula. Tanpa teknik masak yang rumit atau bahan mahal, kuliner rumahan bisa merebut hati yang menikmatinya.


1. Sayur Asem


sayur asem jawa tengah lezat


Setiap kawasan di Indonesia punya sayur asem khas masing-masing. Sebut saja sayur asem khas sunda, betawi, jawa tengah, hingga sulawesi. Walaupun punya ciri khas tersendiri, yang pasti sayur ini bercita rasa asam.  Rasa asamnya yang segar bisa optimalkan mood anda, lho.


Sebagai pemula, coba saja mulai dari yang paling sederhana, yaitu asem jawa tengah. Bumbunya hanya berbentukirisan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Selain itu, isinya pun cuma labu, kacang panjang, jagung, dan melinjo. Jangan lupa masukkan asam jawa juga, ya!


Coba Resep: Resep Sayur Asem Jawa Tengah


2. Sop Daging Sapi



Sajian sop memang jadi andalan di segala suasana, nih. Tinggal rebus semua materi dan tambahkan bumbu. Diantara banyak jenis sop, sajian sop daging sapi yakni opsi yang paling banyak disenangi.


Pertama, rebus daging sapi dan buang kotorannya. Kemudian, masukkan tumisan bumbu halus dalam rebusan lalu aduk sampai larut. Setelah itu, tambahkan sayuran dalam rebusan dimulai dari yang paling keras, seperti wortel. Terakhir, koreksi rasanya dengan perhiasan bumbu penyedap.


Coba Resep: Resep Sop Iga Sapi spesial


3. Nasi Goreng


nasgor gila


Rasanya nasi goreng adalah menu yang wajib dikuasai siapa pun. Bagaimana tidak? Bahan dan cara masaknya sungguh mudah.


Kalau anda butuh hidangan nasi goreng yang anti mainstream, bisa pilih nasi goreng aneh. Disebut ‘abnormal’ alasannya porsinya yang banyak dengan isi yang juga bermacam-macam. Mulai dari seafood, kol, caisim, sawi, ayam, jamur, bakso, sosis, dan telur. Gila banget!


Mula-mula, tumis bumbu halus sampai harum. Lalu masukkan kecap ikan dan semua materi hewani. Setelah rata, masukkan nasi dan bumbu penyedap. Terakhir, masukan sayuran dan aduk hingga matang


Coba resep: Resep Nasi Goreng Gila Super Lezat


4. Tumis Kangkung



Sajian ini betul-betul masakan yang mudah banget bikinnya! Mulai dari pemula sampai profesional, pastinya mesti kuasai olahan kangkung yang satu ini.


Tumis bumbu halus sampai busuk. Kemudian masukkan kangkung dan masak dengan api besar. Nah, api besar tersebut berniat semoga kangkung cepat matang. Selain itu, menjaga semoga warnanya tetap hijau serta bagus. Terakhir, koreksi rasanya sesuai selera anda.


Coba Resep: Resep Tumis Kangkung Sedap dan Cepat


5. Bacem Tahu dan Tempe


Bacem manis


Warna coklat gelap yang terlihat, membuktikan betapa legit dan manisnya menu bacem ini. Dibuat dari gula, membuatolahan ini tahan lama kalau disimpan dengan baik. Pas sekali untuk pemula yang sibuk kerja seperti saya.


Rebus bumbu halus, rempah, tahu, dan tempe dengan air kelapa sampai didih. Kemudian, masukan gula merah, kecap bagus, dan air asam jawa. Biarkan sampai berkurang, ya. Kalau telah berkurang, tahu dan tempe bacem siap untuk digoreng.


Coba Resep: Resep Tahu Tempe Bacem Legit, Manis dan Praktis


6. Pesmol Ikan


pesmol ikan nila


Pesmol ikan bisa jadi menu rumahan yang istimewa. Paduan bumbu pesmol yang harum dengan cabe rawit, membuatsensasi asam, gurih dan pedas yang tidak terlalaikan!


Awali dengan membuat bumbu pesmol. Bumbu pesmol terdiri dari kemiri, kunyit, jahe, dan bawang merah. Lalu, tumis sampai harum dan tambahkan sedikit air. Setelah matang, masukan cabai rawit utuh serta bumbu penyedap. Bila sudah pas rasanya, masukkan ikan nila goreng dan aduk hingga air menyusut.


Coba Resep: Resep Pesmol Ikan Istimewa dan Praktis


7. Ayam Goreng Kecap



Manis dan legitnya sajian ini bisa dirasakan hingga ke bagian dalam daging. Walau lembut di dalam, ayam goreng kecap punya bagian luar yang mengkilat dan kulit yang krispi. Begitu enaknya, menu ini mampu jadi favorit keluarga, deh!


Tumis terlebih dulu bawang putih, jahe, dan bawang bombay. Setelah harum, tambahkan kecap bagus serta cabai dan penyedap. Kemudian, masukan ayam yang sudah digoreng. Aduk dan kecilkan api. Biarkan hingga bumbu kental dan meresap tepat.


Coba Resep: Resep Ayam Goreng Kecap Legit Istimewa


8. Perkedel Kentang



Perkedel kentang yakni penyelesaian jika anda jenuh dengan masakan yang bercitarasa berpengaruh. Rasa perkedel cukup ringan dengan tekstur lembut yang menarik hati. Selain itu, perkedel bisa dijadikan lauk makan, cemilan, maupun pendamping masakan lain. Sangat memiliki kegunaan, kan.


Haluskan kentang yang sudah dikukus. Kemudian, aduk bareng kornet yang sudah ditumis, bawang putih halus, garam, dan merica. Tambahkan  irisan seledri dan kocokan telur. Jika bumbu sudah merata, perkedel siap digoreng.


Coba Resep: Resep Perkedel Cepat dan Lezat


9. Tumis Capcay


tumis capcay


Tidak perlu takut ribet masak capcay! Sebab, tinggal tumis sayuran bareng bumbu, lalu capcay pun bisa disuguhkan. Nah, selain sayuran, isi capcay juga bisa ditambah materi lain sesuai selera. Misalnya seafood, bakso, suwiran ayam, atau jamur.


Pastinya dimulai dari tumis bumbu halus. Kemudian masukkan bahan hewani dan tumis hingga berubah warna. Setelah matang, masukan sayuran dan aduk sampai rata. Agar sedikit kental, tambahkan larutan maizena. Terakhir, koreksi rasa sesuai selera anda.


Coba Resep: Resep Tumis Capcay Spesial



Terbukti kalau banyak kuliner yang gampang dibuat, kan. Yakinlah walaupun pemula, anda pasti mampu hidangkan kuliner rumahan yang lezat dan mempesona. Sekarang, mau mulai masak menu yang mana, nih?


Posting Komentar untuk "9 Resep Masakan Rumahan Enak dan Praktis bagi Pemula"