Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Resep Udang yang Terlezat dan Mudah Dibuat

Editor : Atsa


Sebagai pecinta seafood, saya sungguh menyukai olahan udang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut bikin senantiasa ketagihan.


Setiap kali ke restoran seafood, udang dimasak menjadi aneka macam hidangan kuliner. Mulai dari yang bercita rasa asam, pedas, cantik, maupun gurih. Berikut sajian olahan udang yang yummy dan mudah untuk dibuat.


1. Udang Cabe Garam


udang cabe garam istimewa


Sajian yang dipadukan dengan cabe garam ini cukup terkenal beberapa waktu lalu. Salah satunya ialah udang cabe garam. Udang dibalut dengan tepung kemudian ditumis dengan cincangan cabe merah, cabe rawit bawang putih, daun bawang, dan tidak lupa ditaburi garam. Rasanya pedas dan gurih, lho.


Coba Resep: Resep Udang Cabe Garam


2. Udang Saus Inggris


udang saus inggris istimewa


Kalau anda hanya mempunyai waktu 20 menit untuk mengolah udang, hidangan ini yakni jawabannya.  Pertama, anda buat sausnya dulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay, lalu masukkan saus inggris, saus tiram, saus tomat, dan kecap bagus. Setelah itu aduk saus dan tambahkan air. Kemudian masukkan udang, garam, dan merica. Mudah sekali ya membuatnya.


Coba Resep: Resep Udang Saus Inggris


3. Udang Goreng Mentega


udang goreng saus mentega


Membuat udang goreng mentega pun tidak kalah gampang. Udang yang sudah dibersihkan digoreng hingga kering. Lalu bawang bombay dan bawang putih ditumis memakai mentega. Setelah itu disertakan saus tiram, kecap inggris, kecap manis, garam, lada, dan air. Saat bumbu telah mendidih, udang dimasukkan dan dimasak hingga meresap.


Coba Resep: Resep Udang Goreng Mentega


4. Udang Bakar Madu


Udang bakar madu istimewa


Makanan ini niscaya paling anda cari bila berkunjung ke kedai masakan seafood. Rasanya yang gurih dan bagus menciptakan ketagihan. Udang yang sudah bersih direndam dalam bumbu halus, saus tiram, kecap bagus, dan madu selama 15 menit. Kemudian bakar deh udangnya. Enak sekali ya.


Coba Resep: Resep Udang Bakar Madu


5. Udang Telur Asin



Saus telur asin hingga sekarang masih digandrungi oleh para akil balig cukup nalar, lho. Rasa saus yang khas dan gurih membuat tidak menjemukan. Mudah sekali membuatnya, pertama goreng udang yang telah dibalut tepung pelapis.


Lalu buat saus telur asinnya, tumis bawang putih hingga harum. Lalu masukkan kuning telur asin dan kecap asin. Setelah saus matang, masukkan udang dan sajikan.


Coba Resep: Resep Udang Telur Asin


6. Udang Goreng Tepung (Ebi Furai)



Ebi furai sangat gampang anda dapati jikalau makan di kedai masakan Jepang. Membuatnya sendiri pun tidak sulit lho. Untuk menjadikannya anda perlu udang dengan ukurang sedang atau besar.


Kupas kulit udang, sisakan bagian ekornya, dan cuci bersih. Kemudian, tekan bab punggung udang hingga mampu diluruskan. Kalau telah lurus, balur udang dengan tepung kemudian celup ke telur dan kerjakan dua kali.


Setelah itu gulingkan tepung panir kasar sebanyak tiga kali sampai udang terlihat tebal. Kemudian goreng hingga keemasan dan suguhkan.


Coba Resep: Resep Udang Goreng Tepung (Ebi Furai)


7. Bola-bola Udang Roti


Bola udang roti enak


Sajian ini mampu anda jadikan cemilan lho. Udang yang telah dicincang halus dibentuk bundar-bundar hingga membentuk bola kecil. Lalu gulingkan adonan ke dalam wadah isi roti tawar dan pastikan tertutup tepat. Kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit dan goreng hingga kecoklatan.


Coba Resep: Resep Bola Bola Udang Roti


Makara, sajian udang mana yang hendak anda coba? Kalau saya akan menjajal bola-bola udang roti dahulu karena gampang memasaknya dan lezat. Nah, selain menu di atas, berikut ini olahan udang yang tak kalah enak dan simpel untuk dijadikan sebagai rujukan komplemen Anda.


8. Oseng Tahu Udang


oseng tahu nikmat


Kreasi kuliner oseng memang tak pernah membosankan. Selain yummy, cara membuatnya juga gampang dan simpel. Nah, resep oseng tahu udang ini juga bisa lho jadi pilihan Anda untuk sajian sarapan keluarga. Cobain yuk!


Coba Resep: Resep Oseng Tahu Udang


9. Siomay Udang Kuah Kaldu



Bagi Anda penggemar siomay, resep yang satu ini wajib Anda coba. Kali ini saya mencoba kreasi dari udang dan ditambah daging ayam selaku materi dasar siomay.


Bahkan untuk penyajiannya juga aku coba dengan memakai kuah kaldu. Perpaduan daging udang dengan segarnya kuah kaldu sungguh enak terlebih kalau dikonsumsi selagi hangat. Yummy!


Coba Resep: Resep Siomay Udang Kuah Kaldu


10. Sambal Udang Goreng Petai


Sambel goreng udang petai pedas


Menu sambal yang satu ini sangat cocok bagi Anda pecinta pedas. Lezatnya sambal goreng yang berpadu dengan udang dan petai telah tak perlu disangsikan lagi kelezatannya.


Anda juga mampu menyertakan kentang agar lebih lezat. Namun, untuk menciptakan sambal goreng kentang udang dengan bumbu sambal lebih menempel, gunakan udang yang masih berkulit. Kentang juga seharusnya digoreng dahulu supaya matang dan tidak hancur saat dimasak.


Coba Resep: Resep Sambal Udang Goreng Petai


11. Kerupuk Udang


Kerupuk udang wangi renyah


Menambahkan kerupuk udang dikala menyantap kuliner memang menciptakan masakan akan terasa lebih lezat ya. Rasanya yang gurih menciptakan siapapun tak mampu menolaknya. Nah, sekarang Anda bisa lho menciptakan kerupuk udang sendiri dengan gampang tanpa ribet dengan resep di bawah ini.


Coba Resep: Resep Kerupuk Udang


Baca Juga: 5 Tips Membuat Kerupuk Udang Homemade yang Enak, Gurih & Renyah


12. Peyek Udang


Kerupuk Peyek udang garing


Selain kerupuk, peyek udang juga bisa menjadi embel-embel kuliner Anda. Bahkan peyek udang ini bisa sekaligus Anda suguhkan selaku lauk karena kandungan protein yang telah mencukupi. Ikuti cara membuatnya dengan resep di bawah ini, yuk!


Coba Resep: Resep Peyek Udang


13. Pepes Udang


Pepes udang sedap


Banyak yang menduga bila menciptakan pepes itu ribet dan rumit, padahal membuatnya gampang kok. Semua bahan diaduk rata dan tinggal dikemas saja, kemudian di kukus sampai matang. Nah, biar menerima rasa dan aroma bakaran, lazimnya pepes dibakar atau dipanggang dahulu sebelum disajikan sehingga pepes lebih enak dan enak.


Coba Resep: Resep Pepes Udang


14. Bakso Udang



Jika Anda bosan menyajikan udang yang itu-itu saja, bakso udang bisa jadi penyelesaian bagi Anda. Coba buat sendiri di rumah yuk! Selain lebih sehat alasannya tanpa materi MSG dan bahan pengawet, rasanya juga dijamin tidak amis anyir.


Coba Resep: Resep Bakso Udang


15. Bakwan Udang



Coba buat makanan ringan bakwan udang, yuk! Anda mampu mengupas udang apalagi dahulu bila tidak menggemari kulit udang. Supaya matang merata, tuangkan campuran bakwan sehabis minyak sungguh-sungguh panas. Ikuti cara menjadikannya dengan resep bakwan udang berikut ini ya!


Coba Resep: Resep Bakwan Udang


Baca Juga: 5 Rahasia Membuat Bakwan Empuk Sekaligus Renyah dan Anti Bantat


16. Tahu Gimbal Udang


tahu gimbal udang semarang


Sajian olahan udang yang satu ini adalah masakan khas Semarang. Selain tahu, kuliner ini terdiri dari kol, tauge, timun, dan udang yang digoreng tepung sehingga terlihat gimbal.


Bahkan yang menjadi ciri khas dari tahu gimbal udang ini ialah bumbu kacangnya yang diaduk petis udang. Ingin tahu bagaimana rasanya? Coba buat sendiri dengan resep tahu gimbal udang di bawah ini ya.


Coba Resep: Resep Tahu Gimbal Udang


17. Udang Asam Manis



Bagi Anda pecinta udang, yuk coba kreasi masakan dengan resep udang asam elok berikut ini. Sesuai namanya, masakan ini menggabungkan cita rasa asam dan anggun yang segar bila dikonsumsi. Cara membuatnya juga sungguh gampang dan praktis, lho!


Coba Resep: Resep Udang Asam Manis


18. Udang Saos Tiram



Kerasi olahan udang selanjutnya yang tak kalah sedap dan praktis yakni udang saus tiram. Daging udang yang gurih dan elok berpadu dengan saus tiram menyebabkan rasa lezat yang menggoda. Daripada ingin tau, coba buat sendiri yuk!


Coba Resep: Resep Udang Saos Tiram


19. Hakau Udang


Hakau udang lezat


Hakau atau dumpling udang memang menjadi salah satu jenis dimsum yang banyak digemari. Nah, bila Anda salah satu penggemar hakau, Anda juga mampu lho membuatnya sendiri. Supaya Anda sukses membuat kulit hakau yang transparan, cari tahu di resep berikut ini ya!


Coba Resep: Resep Hakau


Baca Juga: Tips Kulit Hakau Bening Transparan


20. Mie Goreng Seafood



Udang adalah salah satu jenis seafood yang paling mudah dimasak dalam aneka macam sajian masakan yang yummy. Apalagi rasanya yang anggun dan gurih sehingga udang selalu disukai.


Pada resep kali ini, kreasi udang yang lezat dan gampang dibentuk ialah mie goreng seafood. Untuk membuatnya, diharapkan bumbu-bumbu mirip kecap inggris, kecap elok, cabai, dan bawang putih. Selain udang, Anda juga bisa menambahkan jenis seafood lainnya, mirip cumi dan bakso ikan.


Coba Resep: Resep Mie Goreng Seafood


21. Ote-Ote


ote ote praktis


Anda pasti sudah tak ajaib lagi dengan sajian yang satu ini. Yup! Kudapan ini memang banyak ditemui selaku kudapan manis pasar. Sejenis dengan bakwan, ote-ote lazimnya tersaji dalam bentuk bundar rapih, dicetak menggunakan sendok sayur ketika menggorengnya.


Aneka isiannya memang bisa disesuaikan dengan selera Anda, namun ote-ote kali ini aku padukan dengan udang, kol, tauge, wortel & daun bawang. Jika Anda kepincut untuk mencobanya, ikuti resep ote-ote di bawah ini ya!


Coba Resep: Resep Ote Ote


22. Sup Udang


sup udang bening


Selain memiliki hasil bahari melimpah, Jepara juga punyai masakan khas ialah sup udang. Bahannya sangat sederhana yang berisikan udang, sayur-sayuran, serta jamur atau kacang. Cita rasanya yang gurih sebab perpaduan antara kaldu udang dan beberapa bumbu, membuat masakan ini cocok disuguhkan selaku hidangan makan siang dan malam.


Coba Resep: Resep Sup Udang


23. Bakso Cuanki Udang


bakso cuanki udang praktis


Siapa yang tak tergiur dengan kesegaran kuah dan lezatnya bakso cuanki. Bagi Anda penggemar penganan ini, Anda juga mampu membuatsendiri lho. Supaya lebih lezat, tambahkan udang pada campuran cuanki ya!


Coba Resep: Resep Bakso Cuanki Udang


24. Sambal Tempoyak Udang


sambal tempoyak udang segar


Sebagian orang mungkin tidak familiar dengan masakan satu ini. Tempoyak sendiri yang dibuat dari daging durian yang difermentasikan, lalu dimasak menjadi adonan bahan masakan, salah satunya tempoyak udang. Penasaran bagaimana rasanya?


Coba Resep: Resep Sambal Tempoyak Udang


25. Tumis Buncis Udang


tumis buncis udang


Bingung ingin masak apa hari ini? Coba buat tumis buncis udang, yuk! Tekstur crunchy dari buncis yang berpadu dengan gurih manisnya daging udang dijamin mampu memanjakan pengecap Anda. Sangat pas disuguhkan bareng nasi hangat.


Coba Resep: Resep Tumis Buncis Udang


Posting Komentar untuk "25 Resep Udang yang Terlezat dan Mudah Dibuat"