Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Resep Kue yang Praktis dan Ekonomis untuk Pemula

Editor: Ria


Sebagai pemula dalam menciptakan kudapan manis, lazimnya banyak yang tidak yakin diri alasannya adalah takut gagal. Kunci dalam proses pengerjaan kudapan manis yakni kecermatan. Jika anda baru pertama kali menciptakan kue, ada beberapa resep kudapan manis yang mudah dan minim risiko, cocok dibentuk oleh pemula.


1. Pancake Pisang


Pancake pisang fluffy


Kue yang satu ini identik dengan menu sarapan. Namun siapa sangka, pancake juga mampu dikreasikan untuk segala suasana.


Bahan-bahan khususnya sangat gampang, adalah terigu, gula pasir, mentega, susu cair, pisang , baking powder, dan telur. Terlebih lagi, anda tak perlu mengeluarkan panggangan atau panci dandang karena kue ini cukup dibuat dengan wajan datar (frying pan). Mudah, kan?


Nah, pancake bisa hidangkan dengan topping saus coklat, madu, sampai es krim. Yummy!


Coba Resep : Pancake Pisang


Baca juga: 5 Tips Membuat Pancake yang Mengembang Tebal dan Empuk


2. Crepes


crepes pisang keju coklat garing


Ingin kudapan manis bertekstur kriuk tetapi tak perlu keluar oven? Crepes jawabannya! Dari sarapan hingga makanan ringan sore, kudapan manis yang juga dibuat dengan wajan ini memang sangat cocok untuk segala situasi.


Bahan terutama tak jauh beda dari pancake, ialah terigu, telur, gula, susu cair, margarin, dan baking powder. Kalau mau teksturnya lebih renyah, anda bisa tambahkan tepung beras dan tapioka. Tambahkan saus coklat, parutan keju,  es krim, atau materi yang lain agar lebih mantap!


Coba Resep : Crepes Pisang Cokelat Keju


3. Donat


Donat jadul empuk


Siapa yang tidak senang donat? Kudapan sepanjang abad ini memang pas disuguhkan untuk sahabat ngobrol dan santai. Donat ini mampu mengembang bagus tanpa diulen selama kita punya ragi, lho.


Untuk memasaknya juga tak perlu panggangan, alasannya donat juga bisa matang dengan digoreng. Setelah ditiriskan dan acuh taacuh, tambahkan aneka topping mirip parutan keju, meses, atau kacang.


Coba Resep : Donat Jadul


4. Kue Kering



Kue kering pengolahannya lebih mudah, sebab tak butuh mengembang tinggi sepatutnya cake.


Umumnya, kue kering memakai bahan-bahan sederhana seperti telur, terigu, mentega/margarin, gula, dan bahan-bahan aksesori lain sesuai resep. Bahkan, ada pula kudapan manis kering yang tak perlu panggangan untuk matang, lho.


Kue kering tradisional seperti telur gabus, kudapan manis garpu, dan kudapan manis tambang cukup digoreng dengan minyak panas hingga kriuk. Tapi jikalau anda kekeuh ingin memanggang dalam panggangan seperti aku, mampu coba kudapan manis-kudapan manis simpel seperti choco chip cookies, kastengel, atau kue kacang.


Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kue Kering Tidak Renyah


5. Prol Tape



Suka dengan kudapan manis berbahan tape? Prol tape wajib dicoba! Kue asal Jember ini bertekstur padat, tetapi rasanya cantik dan legit. Bahan-bahannya juga mudah didapat, adalah tape, terigu, telur, susu bubuk, susu cair, margarin, dan gula-garam seperlunya.


Langkah pembuatannya juga tak muluk-muluk nih, sebab yang penting bahan-materi tersebut tercampur rata dan lalu dipanggang sampai matang. Sajikan selaku sahabat minum teh atau kopi tentu saja lezat, ya?


Coba Resep : Prol Tape


6. Muffin


muffin coklat manis


Suka dengan kue yang mudah disantap kapanpun tanpa mesti iris-iris? Coba saja buat muffin. Kue satu ini juga pakai materi-bahan yang mudah didapat seperti terigu, baking powder, mentega/butter, gula, telur, susu, vanili abu, dan garam secukupnya.


Prinsip gabungan muffin ini juga tak muluk-muluk seperti prol. Adonan cukup dicampur sampai rata dan tak ada tepung yang menggumpal, karena jika terlalu bertenaga dan lama, tekstur kudapan manis akan bantat sesudah matang. Simple, kan?


Coba Resep : Muffin Cokelat


7. Brownies


brownies klasik


Siapa bilang bakers pemula tak bisa membuatbrownies? Sebagai penggemar coklat, aku sudah membuktikannya sendiri! Brownies yakni kudapan manis bertekstur bantat yang super nyoklat. Dalam arti lain, langkah pembuatannya tak sebanyak kudapan manis-kue yang butuh mengembang naik.


Siapkan materi-bahan seperti coklat masak (DCC), gula, mentega/margarin, telur, terigu, dan coklat abu. Campurkan semuanya secara merata sesuai resep, kemudian panggang atau kukus sampai matang, deh!


Coba Resep : Brownies Panggang Klasik


8. Bolu


bolu tape


Kalau telah percaya bisa bikin kudapan manis yang ngembang, awalilah dengan menciptakan bolu loyang. Pada dasarnya, bolu yakni jenis cake sederhana yang mampu dimodifikasi atau disertakan aneka rasa dan materi. Selain itu, bahan dasar bolu sangatlah terjangkau adalah terigu, telur, mentega, gula pasir, dan baking powder. Kurang lebih sama dengan materi-bahan kudapan manis di atas, kan?


Dulu, aku pertama kali buat bolu rasa vanila (dengan vanili abu). Setelah berhasil mengembang, saya pun mulai memakai variasi rasa lain seperti bolu pandan, bolu pisang, bolu tape, hingga bolu koja yang klasik.


Coba Resep : Bolu Tape


9. Lapis Legit


kue lapis legit mantap


Anda niscaya tidak abnormal dengan kue yang satu ini, kan? Kue basah tradisional ini memang sudah terkenal semenjak masa kolonial. Tampilannya yang elok berlapis dengan aroma harum menjadi ciri khas dari kue lapis legit.


Bahkan selain lapis legit, berbagai aneka kue lapis khas tradisional lainnya juga tak kalah nikmat, lho! Misalnya saja kudapan manis lapis hunkwe, kudapan manis lapis surabaya, dan kue lapis beras dengan proses pembuatannya yang mudah dan mudah!


Coba Resep : Kue Lapis Legit


10. Kue Ogura Pandan


Kue ogura pandan wangi


Ingin menikmati kudapan manis dengan tekstur yang lembut dan ringan? Cobain deh kue ogura yang satu ini. Sekilas kudapan manis ini memang mirip dengan chiffon cake, namun ternyata ogura mempunyai teknik pemasakan yang bertentangan, lho!


Dengan memadukan teknik kukus dan panggang, itulah mengapa ogura memiliki tekstur yang empuk dan moist. Varian kue ogura yang lain juga bisa Anda coba di di rumah. Salah satunya resep kue ogura cake zebra, yang mempunyai performa menawan dan tentunya tak kalah lezat, ya!


Coba Resep : Kue Ogura Pandan


11. Semprong


kue semprong imlek


Ngemil kue semprong bareng keluarga memang sangat enak, ya! Memiliki tekstur yang renyah, dengan perpaduan rasa bagus dan gurih, menciptakan siapa pun yang menyantapnya pasti sukar berhenti.


Siapa sangka bila cara menjadikannya juga sungguh gampang, lho!  Intip resep di bawah ini, yuk!


Coba Resep : Resep Kue Semprong


12. Kue Cincin


kue cincin manis


Dari segi tampilan, kue ini sekilas seperti dengan donat, ya? Eits, jangan salah! Meskipun dari sisi tampilannya seperti dengan donat, tetapi kue cincin memiliki rasa yang bertentangan, lho.


Terbuat dari bahan sederhana, kue cincin memiliki rasa yang gurih, bagus, dan empuk dengan warna coklat gelapnya yang khas. Tak heran, jika kudapan manis ini banyak ditemui selaku penganan pasar. Anda juga bisa membuat kudapan manis cincin sediri di rumah, lho!


Coba Resep : Resep Kue Cincin


13. Kue Bagea Sagu


Kue bagae sulawesi


Kue kering yang satu ini juga termasuk kue pasar yang sering ditemui. Memiliki tekstur yang keras, renyah, dan manis yang unik, menciptakan kudapan manis bagea disenangi banyak orang. Untuk membuatnya sendiri tidak sukar, lho!


Membuat kue kering memang bisa menjadi hiburan tersendiri. Apalagi Anda bisa sekaligus membuat kreasi gres yang mempesona. Nah, Anda juga bisa mengikuti resep-resep kudapan manis kering lainnya, seperti kue sagon, kudapan manis keciput, butter cookies, biji ketapang, pengecap kucing, dan sagu keju.


Selain membuat kue kering di rumah, membuat aneka kue penganan pasar, mirip kudapan manis gabin, pie susu, serta onde-onde ketawa juga cocok untuk mengawalAnda bersantai . Cobain yuk!


Coba Resep : Resep Kue Bagea Sagu


14. Kue Talam


kue talam pisang


Selain warnanya yang beragam, kue pasar yang satu ini juga memiliki banyak variasi yang lain, lho. Mulai dari kudapan manis talam labu kuning, kue talam jagung, kue talam ebi, kudapan manis talam singkong, dan kue talam pandan.


Untuk resep kue talam kali ini, aku coba buat kudapan manis talam pisang. Rasanya yang elok dan legit, dijamin sungguh membangkitkan selera!


Coba Resep : Kue Talam Pisang


15. Kue Mendut


kue mendut legit


Berbeda dari kue bugis, kudapan manis mendut dicicipi dengan guyuran kuah santan yang gurih dan creamy. Salah satu masakan tradisional khas Jawa Tengah ini berbahan dasar tepung ketan putih, yang di dalamnya berisi parutan kelapa dan gula merah.


Teksturnya yang kenyal dan cantik, berpadu dengan gurihnya kuah santan sungguh memanjakan pengecap Anda. Yummy!


Coba Resep : Resep Kue Mendut


16. Kue Akar Kelapa


kue akar kelapa renyah


Kue jadul yang satu ini mampu menjadi teladan hindangan ketika Idulfitri. Untuk membuat bentuknya semoga sesuai dengan akar kelapa juga tidak susah. Anda cuma membutuhkan cetakan kudapan manis khusus yang sungguh gampang didapatkan di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau.


Coba buat sendiri di rumah yuk dengan resep di bawah ini!


Coba Resep : Resep Kue Akar Kelapa


17. Kue Sakura


Kue sakura bolu moist


Meskipun tergolong masakan jadul, tetapi kue sakura masih banyak peminatnya lho!


Untuk membuatnya, Anda perlu mempersiapkan cetakan khusus berupa bunga sakura. Selebihnya, kue imut nan elok ini sangat gampang dibuat dengan bahan-bahan yang cukup mudah. Yuk, intip resepnya di bawah ini.


Coba Resep : Resep Kue Sakura (Bolu)


18. Kue Lumpur



Teksturnya yang lembut, dengan rasa bagus gurih, menciptakan kudapan manis lumpur menjadi favorit banyak orang, tergolong saya. Meski kue tradisional ini mudah sekali dijumpai selaku kue pasar, tidak ada salahnya Anda buat sendiri di rumah.


Kali ini saya buat kudapan manis lumpur dengan kombinasi materi dari labu kuning. Aromanya yang harum legit dan tekstur yang lembut, tak kalah enak dengan kudapan manis lumpur kentang.


Anda juga mampu lho membuat kombinasi kue lumpur lainnya ialah kudapan manis lumpur surga. Kue lumpur yang satu ini yang dibuat dari gabungan tepung beras, gula, dan santan menciptakan tekstur yang lembut dengan rasa manis gurih. Tertarik untuk coba membuatnya?


Coba Resep : Resep Kue Lumpur Labu Kuning


19. Kue Cucur


kue cucur gula manis


Ingin menciptakan ke cucur sendiri, namun takut gagal? Yuk, lihat resep kue cucur di bawah ini! Ikuti tips-tipsnya juga ya biar pinggiran kue cucur mampu bersarang dan bertopi.


Coba Resep : Resep Kue Cucur Gula Merah


20. Kue Pukis


resep pukis coklat


Anda niscaya telah tidak asing ya dengan kudapan manis yang satu ini. Yup! Kue pukis atau juga disebut dengan kue pancong memang sedang ngehits di golongan anak muda.


Bahkan kini kudapan manis pancong disajikan dengan bermacam-macam rasa dan kombinasi topping kontemporer yang menjadikannya semakin membangkitkan selera. Untuk membuatnya bantu-membantu sangat mudah, lho.


Anda cuma perlu merencanakan cetakan kudapan manis khusus, dengan materi-bahan yang terbilang gampang dan cepat dalam pengolahannya. Cobain yuk!


Coba Resep : Resep Kue Pukis Coklat (Pancong)


21. Kue Pancong


resep kue pancong


Ada yang masih ingat dengan kudapan manis ini? Jajanan tradisional ini memiliki nama yang bermacam-macam di setiap kawasan, lho. Di Jakarta sendiri kue ini dinamai kue pancong Betawi, sedangkan orang Surabaya menyebutnya kue rangin, dan orang Bandung menyebutnya bandros.


Meskipun mempunyai beragam sebutan, kue ini terbuat dari bahan-materi yang serupa yaitu campuran tepung terigu, gula pasir, santan, dan kelapa parut. Cara memasaknya pun dipanggang di cetakan khusus di atas tungku kecil.


Anda juga mampu menjadikannya sendiri di rumah, lho!


Coba Resep : Resep Kue Pancong Betawi


22. Kue Cucuru Bayao


cucuru bayao manis


Kue ini lazimnya dihidangkan saat program-program akhlak atau kawinan di Makassar. Istimewanya dari kudapan manis cucuru bayao adalah hanya memakai 2 materi saja, lho! Penasaran mirip apa rasanya? Coba buat sendiri di rumah, yuk!


Coba Resep : Resep Kue Cucuru Bayao


23. Kue Ku


kue ku lezat


Siapa yang tak kenal dengan kue yang satu ini? Teksturnya yang empuk dan lembut menciptakan kudapan manis ini digemari banyak orang. Dengan isian kacang hijau yang berkulit dari materi dasar tepung ketan, kue ku kadang kala dibentuk dengan banyak sekali bentuk yang lucu.


Anda juga mampu lho memodifikasi bentuk dan warna kuenya. Ikuti tips pengerjaan kue ku dengan resep di bawah ini, ya!


Coba Resep : Resep Kue Ku


24. Kue Ketan Hitam Kukus


kue ketan hitam


Selain bisa memperbesar kesanggupan Anda, menciptakan kudapan manis sendiri juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan membeli. Jika Anda baru memulai, resep kudapan manis yang satu ini mungkin mampu Anda coba.


Sesuai dengan namanya, kue ketan hitam kukus ini yang dibuat dari tepung ketan hitam. Cara pembuatannya juga sangat mudah dan praktis. Anda juga tak perlu repot mengeluarkan panggangan.


Namun, jikalau Anda ingin menciptakan kudapan manis ketan hitam dengan versi yang dipanggang, Anda juga bisa lho mengikuti resep bolu ketan hitam ini.


Coba Resep : Resep Kue Ketan Hitam Kukus


25. Wajik Ketan


wajik ketan praktis


Jika Anda penggemar kuliner berbahan dasar ketan, kudapan manis yang satu ini bisa menjadi opsi. Di tempat Jawa Tengah, kudapan manis ini lebih diketahui dengan ungkapan wajik. Rasanya yang elok dengan tekstur kenyal, sangat sesuai disuguhkan bareng teh atau kopi.


Selain itu, Anda juga bisa mencoba kreasi berbahan dasar ketan putih lainnya. Lupis salah satunya. Berbeda dengan wajik, lupis dibentuk dengan cara dikukus dalam bungkusan daun pisang kemudian dibalur dengan parutan kelapa dan disajikan dengan saus gula jawa kental.


Coba Resep : Resep Wajik Ketan


Baca juga: 9 Resep Jajanan Tradisional & Modern dari Beras Ketan


26. Kue Cubit



Resep kudapan manis super praktis lainnya yang mampu Anda coba adalah kue cubit. Bahan-bahannya sangat lazim dan murah mirip terigu, telur, dan gula.


Dulu, saya pertama kali buat kue cubit orginal, mirip yang sering sekali dijajakan di depan sekolah atau pinggir jalan. Namun, kini aku sudah menyebarkan kreasi kue cubit yang lain, mirip yang sedang hits ketika ini ialah kudapan manis cubit green tea.


Coba Resep : Resep Kue Cubit


27. Kue Rangi


kue rangi manis


Anda pasti tahu penganan tradisional yang satu ini, kan? Sayangnya, pedagang kue rangi sekarang sukar ditemukan. Namun, dengan resep ini Anda tak perlu khawatir sebab Anda bisa menciptakan ku rangi sendiri di rumah. Cobain yuk!


Coba Resep : Resep Kue Rangi


28. Kue Leker


Kue leker renyah


Bagi Anda yang dahulu sering jajan saat masih di sekolah, pasti mempunyai penganan atau kudapan favorit yang ditunggu saat jam istirahat. Bisa ditebak, salah satunya ialah kudapan manis leker kan? Kini Anda mampu menjadikannya sendiri dengan resep di bawah ini, lho.


Coba Resep : Resep Kue Leker


29. Kue Mochi


kue mochi kenyal



Ingin coba menciptakan mochi sendiri di rumah? Resep mochi ini sangat mudah dengan isian kacang tanah yang mampu Anda coba di rumah. Bukan hanya rasanya yang enak, namun tampilannya juga bagus dan warna-warni. Ikuti cara membuatnya, ya!


Coba Resep : Resep Kue Mochi


30. Kue Garpu



Ingin menciptakan kudapan renyah asin-gurih yang praktis dan mudah? Kue garpu bisa jadi pilihan. Bentuknya bergerigi, dengan rasa gurih yang nggak bikin eneg mampu Anda buat sendiri di rumah.


Coba buat juga kudapan gurih lainnya, yuk! Misalnya saja kue tusuk gigi yang aku buat dengan materi-materi yang gampang di mampu. Rasanya pun tak kalah lezat dengan yang di jual di toko snack kiloan.


Coba Resep : Resep Kue Garpu


31. Kue Odading


odading wijen empuk


Kue yang satu ini lazimdijual bareng cakwe. Namanya yaitu kue odading.


Kue goreng khas Bandung ini yang dibuat dari bahan-materi sederhana, seperti terigu, telur, gula pasir, ragi, dan air hangat. Kue ini juga bertabur biji wijen putih yang membuatnya kian yummy untuk dimakan bareng keluarga.


Coba Resep : Resep Odading


Baca juga : Tips Membuat Odading Empuk dan Mengembang


32. Dessert Box Coklat


dessert box coklat manis


Dessert box coklat yang aku buat kali ini begitu gampang dibuat dan lezat. Nah, dengan resep dessert box berikut ini Anda juga mampu membuat sendiri semoga lebih hemat dan hasil yang lebih banyak. Ikuti resepnya di bawah ini, ya!


Jika Anda ingin menjajal kreasi lainnya, Anda juga bisa membuat dessert box yang terkenal akil balig cukup akal ini adalah dessert oreo box.


Coba Resep : Resep Dessert Box Coklat


33. Kue Khamir


Kue khamir lembut


Kue ini terkenal dengan bentuknya yang bulat, pipih berwarna coklat seperti seperti kudapan manis apem. Kue khamir yang dibentuk dari campuran terigu, margarin, tape, telur, ragi, gula dan susu. Cara menjadikannya juga sangat gampang, lho!


Coba Resep : Resep Kue Khamir


34. Kue Dorayaki


dorayaki isi coklat


Anda pasti kenal ya dengan kudapan manis tradisional khas Jepang ini. Yup! Dorayaki yang lebih diketahui selaku masakan favorit Doraemon ini yang dibentuk dari dua buah pancake yang ditelungkupkan dan dilapisi oleh selai kacang merah di bagian tengahnya.


Namun, Anda tidak harus membelinya di luar untuk mencicipinya. Anda bisa coba buat dorayaki sendiri di rumah. Cara pembuatan dorayaki juga tidaklah sulit dengan materi-bahan yang gampang ditemukan.


Coba Resep : Resep Dorayaki Isi Coklat


35. Sawut Singkong



Coba buat sawut singkong, yuk! Sawut singkong ini cuma menggunakan 3 macam bahan dengan melalui proses pengukusan yang sebentar saja. Camilan sederhana namun lezat ini dijamin membuatperut Anda kenyang dan murah meriah.


Anda juga mampu lho membuat sendiri makanan ringan berbahan dasar singkong khas Thailand. Yuk lihat resep membuat singkong Thailand.


Coba Resep : Resep Sawut Singkong Gunung


36. Lemet singkong


Lemet singkong legit


Tiap kawasan memiliki penyebutan yang berbeda untuk kudapan manis yang satu ini. Ada yang menyebutnya utri singkong, timus, hingga ada yang menamakannya lemet singkong. Namun apapun namanya, si kenyal nan cantik berbahan singkong ini tak perlu disangsikan lagi rasanya.


Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-materi yang murah dan gampang didapat. Ikuti resepnya di bawah ini, ya!


Coba Resep : Resep Lemet Singkong


37. Onde-Onde Isi Kacang Hijau



Membuat onde-onde isi kacang hijau ini memang termasuk mudah. Namun, Anda mesti memperhatikan cara menggorengnya biar tidak pecah dan hancur. Ikuti tipsnya dengan resep di bawah ini, yuk!


Coba Resep : Resep Onde-Onde Isi Kacang Hijau


38. Kue Tiramisu



Siapa sangka kue ala bakery sampai resto ini ternyata sangat gampang, gampang dibuat, dan hampir tidak perlu alat pemanggang. Kue rasa tiramisu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ngidam masakan cantik. Yummy!


Coba Resep : Resep Tiramisu


39. Cheese Cake Kukus


cheese cake kukus


Jika Anda ingin menciptakan cheese cake, tetapi tidak memiliki panggangan, Anda mampu mencoba resep yang satu ini. Yup! Sesuai dengan namanya, cheese cake kali ini dibentuk dengan cara diukus. Rasanya dijamin tidak kalah yummy dengan yang dipanggang.


Coba Resep : Resep Cheese Cake Kukus (Tanpa Oven)


40. Ongol-Ongol


Ongol ongol manis murah


Satu lagi resep kudapan manis tradisional yang simpel dan ekonomis yang bisa Anda coba buat di rumah. Ongol-ongol yaitu salah satu kudapan manis tradisional khas kawasan Jawa Barat.


Kue ini mempunyai aneka macam varian, alasannya mampu dibuat dari beberapa bahan dasar yang berlawanan, seperti tepung sagu, hunkwe, atau singkong. Bahan dasar inilah yang menciptakan teksturnya menjadi sungguh kenyal. Coba buat, yuk!


Coba Resep : Resep Ongol Ongol


Baca juga : Aneka Kue Tradisional Dari Singkong



Posting Komentar untuk "40 Resep Kue yang Praktis dan Ekonomis untuk Pemula"