Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

35 Resep Tahu Paling Istimewa yang Mudah Dibuat

Editor : Atsa


Siapa tidak senang tekstur lembut dan gurihnya tahu? Rasanya yang enak bahkan sering dijadikan olahan lauk pengganti daging. Saya bahkan selalu masak tahu sekurang-kurangnya3 kali seminggu. Bukannya bosan, aku malah ketagihan dengan teksturnya yang lembut dan yummy.


Sebenarnya tahu bisa diolah jadi bermacam-macam kuliner yang super lezat, lho. Sedikit penemuan, tahu anda mampu jadi menu yang istimewa. Contohnya ada tahu teriyaki, tahu tauco, dan masih banyak lagi. Biar tidak bosan, cobain resepnya satu per satu, yuk!


1. Tahu Tauco


Tahu tauco praktis


Jika anda suka rasa gurih khas tauco asin, coba saja padukan dengan tahu dan udang. Bisa juga ditambahkan cabe supaya terasa sedikit pedas menarik hati. Disantap bareng kerupuk udang, lebih terasa lezatnya!


Sebelum diaduk tauco, potong kotak dan goreng terlebih dulu tahu. Lalu, tumis bersamabumbu, udang, dan sayur.  Terakhir, baru ditambahkan tauco serta kecap cantik. Tahu tauco produksi anda pun siap disuguhkan.


Coba Resep: Resep Tahu Tauco Mudah dan Enak Dalam Sekejap


2. Tahu Teriyaki


tahu teriyaki istimewa


Teriyaki memang identik dengan masakan Jepang. Tapi, tahu teriyaki yang satu ini orisinil kuliner Indonesia. Rasanya elok-gurih dengan pemanis bawang bombay, paprika, dan jamur telinga .


Anda cuma perlu menumis bumbu, sayuran, jamur, dan tahu goreng. Kemudian tambahkan saus teriyaki, kecap asin, dan merica bubuk. Beri sedikit air agar berkuah dan biarkan bumbunya meresap. Hanya 20 menit, tahu teriyaki istimewa pun siap dilahap!


Coba Resep: Resep Tahu Teriyaki Praktis Istimewa


3. Pepes Tahu


Pepes tahu sedap


Pepes tahu sangat terkenal di tanah Sunda. Selain sehat, kuliner ini juga sungguh simpel, irit, dan lezat. Apalagi bila dipepes bersamatomat & cabai rawit, membuattambah lapar!


Pepes tahu bisa dibuat hanya dengan waktu 30 menit saja, lho. Caranya, tahu yang telah dihaluskan dicampur dengan tumisan bumbu dan daun kemangi. Lalu dibungkus dengan daun pisang. Setelah dikukus 20 menit, pepes tahu nan lembut dan harum pun siap menggoyang lidah anda.


Coba Resep: Resep Pepes Tahu  Sedap dan Lezat Asli Sunda


4. Sup Tahu


Sup tahu gurih


Saat anda ingin kuliner yang segar sekaligus sehat, bisa coba membuatsup tahu ini. Kuahnya yang bening berasa gurih dari perhiasan kaldu. Kalau ingin lebih sedap, bisa dimakan bareng nasi hangat dan bawang goreng.


Seperti pada umumnya sup, cara buatnya pun sungguh sederhana. Cukup didihkan air, bumbu, dan kaldu ayam. Setelah dikoreksi rasanya, masukkan sayuran serta potongan tahu. Terakhir, tinggal tunggu semua materi matang. Mudah, kan?


Coba Resep: Resep Sup Tahu Gurih Segar dalam Sekejap


5. Tahu Kukus


Tahu kukus simpel


Masakan yang satu ini punya tekstur dan rasa yang ringan. Aroma dari bumbunya pun tidak tajam dan menyengat. Oleh alasannya adalah itu, tahu kukus lebih cocok jadi lauk pendamping masakan yang lain.


Beda dengan tahu pepes, bumbu tahu kukus hanya bawang putih dan bawang merah. Selain itu, ada bagian wortel dan telur dalam campurannya. Seluruh bumbu, wortel, telur, serta tahu diaduk sampai rata. Kemudian dimasukkan dalam cetakan dan dikukus selama 30 menit. Kaprikornus, deh!


Coba Resep: Resep Tahu Kukus Simpel, Lezat, Sehat


6. Tahu Fantasi


tahu fantasi gurih


Tahu fantasi umumjuga disebut tahu sarang burung. Nama unik ini berasal dari bentuk simpulan tahu yang seperti sarang telur burung. Walaupun bentuknya anti mainstream, ternyata bikinnya gampang kok.


Tahu yang telah dihaluskan diaduk dengan bumbu, telur, dan wortel. Setelah itu, masukkan adonan dalam cetakan berupa setengah lingkaran. Taruh satu telur puyuh di tengah adonan. Kukus selama 30 menit, lalu dinginkan. Lalu, keluarkan tahu dari cetakan dan goreng hingga kecoklatan. Tahu fantasi pun siap temani anda berimajinasi.


Coba Resep: Resep Tahu Fantasi Gurih Lezat dan Praktis


7. Oseng Tahu Tempe


oseng tahu tempe lezat


Cobat buat oseng tahu tempe di rumah yuk! Selain bahan-bahannya yang gampang dan gampang dibuat, masakan satu ini dijamin sehat untuk sajian keluarga Anda.


Jika jenuh dengan sajian oseng tahu yang itu-itu saja, Anda juga mampu lho menambahkan udang di dalamnya. Perpaduan lembutnya tahu dan lezatnya udang, akan menciptakan oseng tahu udang ini pasti disukai keluarga.


Coba Resep: Resep Oseng Tahu Tempe


8. Sambal Tahu Goreng


sambal tahu goreng pedas


Untuk Anda yang ingin mengolah kuliner dengan segera sebagailauk sekaligus sambal, sambal tahu goreng pantas dicoba. Pedasnya sambal berpadu dengan tekstur tahu yang lembut dijamin bikin pengecap bergoyang!


Coba Resep: Resep Sambal Tahu Goreng


9. Tahu Campur


tahu campur gurih


Siapa yang tidak terpengaruhi dengan kelezatan tahu campur? Kuliner khas Lamongan ini mempunyai cita rasa yang gurih dan segar. Sehingga tidak abnormal hidangan satu ini disukai masyarakatsetempat maupun pengunjungnya.


Nah, kini Anda juga bisa lho membuat tahu campur sendiri di rumah. Cobain yuk!


Coba Resep: Resep Tahu Campur


10. Tahu Lontong


Tahu campur lezat jawa timur


Sekilas, menu khas Jawa Timur ini seperti dengan tahu kupat di Jawa Tengah dan ketoprak di Jakarta. Namun, dari segi rasa ternyata tahu lontong punya cita rasa yang berbeda lho. Penasaran seperti apa rasanya? Buat tahu lontong dengan resep di bawah ini yuk!


Coba Resep: Resep Tahu Lontong


Baca Juga: 7 Langkah Membuat Lontong yang Empuk & Berwarna Hijau Cantik


11. Kupat Tahu Magelang



Sesuai dengan namanya, kupat tahu ialah olahan tahu yang disuguhkan bareng pecahan ketupat. Tak cuma itu, di dalamnya juga ditambahkan irisan kol dan tauge yang sudah direbus sebentar. Dengan guyuran kuah cantik yang menyegarkan menjadikan kupat tahu ini diminati banyak orang.


Coba Resep: Resep Kupat Tahu Magelang


12. Tahu Cabe Garam


tahu cabe garam praktis


Olahan tahu satu ini cocok dijadikan kudapan ataupun lauk makan siang Anda. Teksturnya yang renyah di luar tetapi lembut di dalam, berpadu dengan rasa yang gurih pedas dijamin menggoyang lidah Anda.


Coba Resep: Resep Tahu Cabe Garam


13. Bakwan Tahu


Bakwan tahu murah


Bingung ingin menciptakan camilan apa untuk keluarga? Coba buat bakwan tahu dengan resep di bawah ini yuk!


Coba Resep: Resep Bakwan Tahu


14. Tahu Petis


tahu petis gurih


Jika Anda bosan dengan menu tahu isi yang itu-itu saja, tahu petis ini mampu jadi opsi sempurna. Penasaran mirip apa rasanya? Ikuti resepnya di bawah ini ya!


Coba Resep: Resep Tahu Petis


15. Tahu Walik


Tahu walik gurih


Camilan dari olahan tahu yang lain yang bisa Anda buat sendiri ialah tahu walik. Camilan khas Banyuwangi ini sebenarnya seperti dengan tahu bakso. Perbedaannya, tahu pong atau tahu goreng kulit akan dibalik sampai kulit tahu berada di dalam sebelum diisi dengan adonan bakso ayam.


Teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam sangat sesuai dijadikan kudapan bersama keluarga. Cobain yuk!


Coba Resep: Resep Tahu Walik


16. Rolade Tahu Daun Singkong


Rolade tahu daun singkong praktis


Siapa bilang mengolah makanan itu ribet? Dengan resep rolade tahu daun singkong ini, Anda mampu menghidangkan kuliner yang yummy dan sehat. Cara menjadikannya pun anti ribet dengan materi yang super simple!


Coba Resep: Resep Rolade Tahu Daun Singkong


Baca Juga: 4 Tips Menggulung Rolade Agar Bulat dan Padat Sempurna


17. Tahu Jeletot


Tahu jeletot pedas


Tahu jeletot memang telah banyak dijajakan di aneka macam tempat. Namun, Anda juga bisa lho membuat tahu jeletot sendiri. Selain lebih ekonomis dan lebih puas menyantapnya, Anda juga mampu mengontrol tingkat kepedasan tahu jeletot dengan meminimalkan cabainya.


Coba Resep: Resep Tahu Jeletot


18. Sapo Tahu



Sekilas masakan ini mirip dengan capcay. Namun sesuai namanya, menu ini menggunakan materi utama tahu Jepang atau tofu yang dipadukan dengan sayuran serta bumbu mirip saus tiran dan kecap cantik. Apalagi dengan perhiasan daging sapi membuat sapo tahu kian gurih dan lezat.


Coba Resep: Resep Sapo Tahu


19. Martabak Tahu



Anda pasti sudah familiar dengan martabak telur. Nah, kini kue favorit ini mampu Anda makan saja!


Coba Resep: Resep Martabak Tahu


20. Tahu Tek Surabaya



Siapa yang kangen dengan masakan khas Surabaya ini? Anda juga bisa lho membuat tahu tek khas Surabaya sendiri. Cara membuatnya juga simple. Cobain deh!


Coba Resep: Resep Tahu Tek Surabaya


21. Perkedel Tahu


perkedel tahu


Tak hanya kentang, tahu juga bisa dimasak menjadi perkedel. Cara menjadikannya sungguh gampang dengan materi-bahan yang murah semarak. Ikuti resep perkedel tahu di bawah ini yuk!


Coba Resep: Resep Perkedel Tahu


22. Bacem Tahu Tempe



Memiliki penampilan khas berwarna coklat gelap dan rasa bagus yang legit, menu bacem ini memang tak pernah menjemukan. Membuatnya juga tidak susah, cuma saja butuh kesabaran supaya kesudahannya enak dan bumbunya bisa meresap ke dalam. Ikuti cara membuatnya dengan resep di bawah ini ya!


Coba Resep: Resep Bacem Tahu Tempe


23. Tahu Rambutan


tahu rambutan garing


Kreasi olahan tahu satu ini sangat pas untuk sajian bekal maupun camilan bareng keluarga. Cara menjadikannya sungguh gampang, lho!


Coba Resep: Resep Tahu Rambutan


Baca Juga: 6 Tips Membuat Tahu Rambutan yang Renyah & Enak


24. Terik Daging Tahu Tempe



Bagi Anda pecinta kuliner khas Indonesia, wajib mencoba kuliner satu ini. Terik daging tahu tempe yaitu salah satu warisan kuliner nenek moyang lho! Diolah dengan bumbu khas ragam Jawa Tengah yang bercita rasa gurih dan legitnya kuah santan yang kental mampu memanjakan pengecap Anda.


Coba Resep: Resep Terik Daging Tahu Tempe


25. Tahu Gejrot


tahu gejrot


Ingin membuat tahu gejrot sendiri di rumah? Bikin dengan resep di bawah ini yuk! Dijamin tak kalah yummy dengan yang dijual oleh pedangang.


Coba Resep: Resep Tahu Gejrot


26. Mun Tahu


mun tahu


Olahan dari tahu yang satu ini wajib Anda coba! Selain bahan-bahannya yang gampang ditemukan, menciptakan mun tahu juga tidak perlu waktu lama. Ikuti kiat dan resepnya di bawah ini biar tahu tidak hancur saat dimasak.


Coba Resep: Resep Mun Tahu


27. Tahu Bulat


tahu bulat


Bagi Anda penggemar kue satu ini, tak perlu repot lagi harus membelinya. Anda mampu buat tahu bulat sendiri kok! Selain tahu bundar, Anda juga mampu membuat tahu goreng garing seperti yang dijajakan pedangan lho!


Coba Resep: Resep Tahu Bulat


28. Sayur Tahu Tempe Cabe Hijau


sayur tempe cabe hijau sedap


Gurih santan dan pedas dari cabai hijau menciptakan sajian yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah. Nah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cobain yuk!


Coba Resep: Resep Sayur Tempe Tahu Cabe Hijau


29. Tahu Gimbal Udang


tahu gimbal udang semarang


Kuliner khas Semarang ini berisi tahu, kol, sayuran, gimbal (bakwan) udang, bumbu kacang, dan kerupuk udang. Kelezatan saus kacang yang diaduk petis udang membuat Anda yang mencicipinya pasti ketagihan. Cobain yuk!


Coba Resep: Resep Tahu Gimbal Udang


30. Tahu Guling


tahu guling jogja


Sajian satu ini lazimnya dihidangkan untuk sajian sarapan. Rasanya yang pedas bagus dan menyegarkan pasti akan menciptakan anda ketagihan. Cara menjadikannya juga sungguh gampang dan sederhana. Pensaran ingin mencicipinya?


Coba Resep: Resep Tahu Guling


31. Tahu Bubuk


tahu bubuk mudah


Ingin mengkonsumsi tahu dengan cara berlawanan dan lebih yummy? Yuk coba buat tahu bubuk! Selain simple dan sederhana, tahu abu ini juga sehat dan yummy.


Coba Resep: Resep Tahu Bubuk


32. Semur Tahu


semur tahu mudah


Sajian anggun gurih dengan sedikit kuah condong pekat ini sering dijadikan selaku menu andalan untuk menu keluarga. Pilih tahu berkulit supaya bumbu lebih sedap meresap dan tetap cantik ketika disajikan. Ikuti juga kiat dan cara membuat semur tahu di bawah ini ya!


Coba Resep: Resep Semur Tahu


Baca Juga: Cara Membuat Semur Tahu Simpel dan Lezat


33. Nugget Tahu



Kreasi nugget tahu ini mampu jadi solusi bagi Anda yang jenuh dengan nugget biasa. Selain cocok untuk lauk, nugget tahu juga nikmat dimakan selaku makanan ringan. Murah dan tentu saja abadi untuk jadi persediaan masakan!


Coba Resep: Resep Nugget Tahu


34. Tahu Sarang Burung


tahu sarang burung mudah


Hanya dengan suplemen telur puyuh, tahu pun terlihat mirip sarang burung lho. Unik, ya! Cocok buat bekal anak agar lebih sehat dan bergizi.


Coba Resep: Resep Tahu Sarang Burung


35. Tahu Aci Tegal



Jajanan khas kota Tegal dengan cita rasa orisinil sekarang bisa kamu nikmati kapan saja, lho! Yuk, buat sendiri di rumah dengan resep di bawah ini. Awas ketagihan, ya!


Coba Resep: Resep Tahu Aci Tegal


Baca Juga: 7 Aneka Sajian Lauk Khas Nusantara dengan Tempe dan Tahu


Ternyata tahu mampu jadi berbagai masakan yang enak, kan. Apalagi jikalau dirasakan bareng keluarga, pasti kelezatannya semakin berlipat. Dari keseluruhan resep, saya paling suka membuattahu fantasi, alasannya adalah bentuknya yang unik. Bagaimana dengan anda?


Posting Komentar untuk "35 Resep Tahu Paling Istimewa yang Mudah Dibuat"