Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Adonan Donat Lembut dan Mengembang

Penulis : Atsa


Siapa tak suka donat? Roti yang satu ini digemari oleh semua kelompok di segala usia. Mulai belum cendekia balig cukup akal sampai orang tua, hampir siapa pun pasti suka donat.


Tapi menjadikannya sendiri gampang-gampang sukar. Pernah menjajal membuat sendiri? Memang ternyata nggak semua bisa lembut di dalam dan ada sensasi renyah di luar.


Nggak perlu khawatir lagi, tips berikut ini dijamin bikin adonan anda mampu lembut-renyah dan mengembang sempurna.



Baca Juga : Resep Donat Jadul


1. Kenali Kualitas Bahan


Bahan yang diharapkan dalam menciptakan campuran donat memang terlihat gampang dan tidak banyak, cuma tepung, gula, ragi, telur, susu, dan margarin. Namun, kualitas bahan-bahan tersebut akan memilih hasil dari donat.


Tepung yang digunakan akan memilih tekstur dari donat, alasannya itu nggak sembarang tepung bisa dipake, lho. Gunakan tepung terigu protein sedang yang masih manis kualitasnya dan terjaga kebersihannya. Untuk menentukan tepung masih baik, sebaiknya beli tepung gres yang masih dalam kemasan orisinil.


Pilih ragi kering yang masih gres. Ragi yaitu mikroorganisme hidup yang berfungsi untuk menyebarkan gabungan. Kalau memakai ragi yang sudah ada, untuk memilih mikroorganisme dalam ragi masih hidup, siapkan sedikit air hangat pada wadah kecil, lalu beri sedikit ragi. Aduk dan diamkan beberapa ketika. Kalau muncul gelembung-gelembung udara, tandanya ragi masih aktif.


Siapkan juga susu hangat untuk mencampur adonan. Seperti yang sudah kita tahu, air hangat akan membuat ragi menjadi lebih aktif. Nantinya, air yang hangat akan menciptakan donat mengembang dan mempunyai serat-serat lembut, lho. Bisa gunakan susu cair yang dihangatkan, atau susu bubuk yang dilarutkan air hangat, ya.


2. Campurkan Bahan dengan Teliti


Meski tepung yang anda gunakan baru, pengayakan tetap perlu dikerjakan. Tujuan dari pengayakan supaya tepung tidak menggumpal ketika dipakai.


Campurkan semua bahan padat terlebih dulu, baru lalu bahan cair. Campur rata tepung, ragi, dan gula. Hindari kontak dengan garam di awal karena ragi tidak akan berfungsi.


Supaya adonan lebih mengembang tepat, gunakan bread improver. Bahan ini akan menciptakan roti apapun lebih mekar dan lembut, dan tidak mengeras saat masbodoh. Tapi materi ini juga nggak wajib digunakan jika tidak ada atau sukar didapat.


Uli gabungan 12-25 menit dengan tangan, sambil dituang susu hangat. Bila semua materi sudah tercampur rata, tambahkan mentega atau margarin cair. Mentega berperan untuk melembutkan struktur gluten yang anda kembangkan selama proses pengulenan. Ini menciptakan adonan terasa lembut dan berkilau serta menambahcitarasa gurih juga.


Kembali uli adonan sebentar hingga kalis atau tidak lengket. Jangan diuli terlalu lama ya, sebab akan membuat donat akan keras dan garang.


3. Istirahatkan di Tempat Hangat


Bulatkan campuran yang telah diuleni, taruh dalam mangkuk dan tutup dengan kain. Istirahatkan di daerah hangat selama 30 menit, mampu di bawah terik matahari atau di atas rice cooker.


Setelah adonan mengembang hingga dua kali ukuran semula, kempiskan. Uli kembali adonan selama 3 menit, kemudian diamkan kembali 15-20 menit. Adonan siap dicetak, dan digoreng.


Itulah diam-membisu donat sempurna ala donat bermerek di toko khusus donat. Selamat mecoba kiat di atas!


Baca Juga : 6 Tips Goreng Donat Agar Mengembang dan Matang Merata


Image: Lazada

jikalau mau cepat namun tidak ribet, gunakan saja bread maker. Bread Master Healthy Bread Maker contohnya. Dengan harga yang terjangkau, bread maker ini sudah memiliki fitur acara sajian sampai 22 macam, tergolong menu yogurt, selai, dan ketan. Bahkan, bread maker yang lebih mahal pun, menunya tidak sebanyak ini.


Bread Master Healthy Bread Maker juga mempunyai fitur 15 hours delay timer. Jika fitur ini diaktifkan, anda mampu mempersiapkan materi-materi dari malam dan setting mesinnya untuk mengolah adonan 3 jam sebelum waktu sarapan. Praktis sekali, ya?


Posting Komentar untuk "Tips Adonan Donat Lembut dan Mengembang"