Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Granola, Manfaat dan Ragam Cara Konsumsinya

Penulis : Atsa


Salah satu sereal atau cemilan sehat yang sering dipilih saat berbelanja ialah granola. Mungkin Anda pernah melihatnya di supermarket tetapi gundah, apa itu granola? Yuk, kenali lebih terperinci lagi ihwal granola.


Granola yang dibentuk dari oats, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa granola juga menambahkan buah-buahan kering. Rasanya renyah dan cantik, sehingga sering dijadikan opsi untuk sarapan di pagi hari.


Manfaat Granola


Bahan-materi sehat Granola mirip oats, kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah kering mirip kismis dan raspberry kering memberikan nutrisi penting seperti protein, vitamin, zat besi, dan serat. Namun, perlu diamati juga bahwa granola juga tinggi gula. Beberapa granola mempunyai 300 kalori per 100 gram, namun banyak juga yang 400 – 600 galori per 100 gram.


Beberapa jenis granola ada yang tanpa pelengkap, atau menggunakan sirup molase yang kondusif bagi penderita gula darah tinggi. Namun, ada juga yang memakai madu, sirup maple, bahkan coklat.


Jadi, meski kaya nutrisi dan vitamin bagi tubuh, untuk yang membatasi konsumsi gula perlu jeli untuk melihat sumber gula yang mungkin ada di granola. Pilih granola yang tanpa perhiasan tetap yummy kok, karena ada buah kering yang memperlihatkan rasa elok dan asam.


Baca Juga : Kreasi Menghias Donat yang Cantik dan Menarik


Cara Konsumsi


Granola bisa dikonsumsi dengan bermacam-macam cara, sehingga Anda dan keluarga nggak akan mudah bosan. Berikut beberapa kreasi granola yang mampu Anda terapkan.


1. Sereal


Image : laurafuentes.com

Granola paling kerap dihidangkan sebagaisereal untuk sarapan. Menjadikan granola sebagai sereal yang dicampur susu ini tidak cuma cocok selaku sajian sarapan, namun juga ideal dikala Anda melaksanakan acara pembatasan kuliner . Anda juga bisa menambahkannya dengan aneka buah-buahan yang memiliki rasa elok-asam.


Tapi ingat ya, bila menjadikannya sereal untuk pembatasan makanan , pilih granola tanpa pelengkap aksesori. Pastikan juga dalam tabel komposisinya granola tersebut memiliki kalori yang tidak lebih dari 350 kalori per 100 gram.


2. Biskuit Bar


Image : thechunkychef.com

Anda juga bisa mengolah granola menjadi biskuit kafe untuk cemilan sehat. Cara menjadikannya juga sangat gampang, lho. Siapkan dua mangkuk, pada mangkuk pertama buat gabungan madu dan minyak kelapa. Pastikan memakai madu murni yang asli ya, berhati-hati dalam menentukan madu, karena tidak samua madu betul-betul murni tanpa perhiasan perhiasan. Aduk gabungan tersebut, Anda juga mampu menambahkan esense vanila biar lebih bacin.


Pada mangkuk kedua, tuang granola seperlunya. Anda juga mampu menyertakan kacang-kacangan dan buah-buahan kering yang lain selaku pelengkap nutrisi dan penambah rasa. Kemudian, tuang cairan mangkuk pertama ke dalam mangkuk kedua, aduk rata. Madu dan minyak kelapa tersebut memiliki kegunaan sebagaiperekat.


Tuang gabungan tersebut pada loyang, yang telah dilapisi plastik. Ratakan sambil ditekan-tekan sampai padat. Lalu panggang dalam panggangan. Setelah matang, biarkan panasnya hilang, kemudian potong-potong menjadi biskuit kafetaria.


Simpan di wadah yang rapat, ya. Anda mampu mengkonsumsinya untuk mengganjal perut, cemilan sehat, atau ketika terburu-buru pergi di pagi hari.


Baca Juga : Perbedaan Minyak Kelapa Sawit dan Minyak Kelapa


3. Topping Ice cream


Image : simplebeyond.com

Anda juga mampu menjadikan granola selaku topping ice cream, lho. Rasanya jadi lebih yummy dan lebih bernutrisi. Nah, jika Anda punya anak yang sembelit dan susah makan sayur, siasati saja dengan mencampurkan granola sebagai topping ice cream.


4. Campuran Yogurt


Image : rural-lunch.co.uk

Granola juga sangat lezat dikala diaduk dengan yogurt, lho. Bisa jadi cemilan sehat yang mengenyangkan juga. Cemilan ini mampu membantu menyehatkan keadaan perut Anda, terutama memperlancar buang air besar.


Baca Juga : 4 Cara Jitu Membedakan Madu Murni dan Madu Campuran


Itulah beragam cara yummy mengonsumsi granola. Dengan bermacam-macam kreasi tersebut, nggak akan gampang jenuh. Kaya dengan nutrisi, yuk mulai ganti cemilan Anda dengan yang sehat mirip granola, ya.


Posting Komentar untuk "Mengenal Granola, Manfaat dan Ragam Cara Konsumsinya"