Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kreasi Menghias Donat yang Cantik dan Menarik

Penulis : Atsa


Banyak orang suka membuat donat sendiri di rumah. Namun, banyak juga yang resah untuk cara mempercantik donat yang elok dan mempesona. Umumnya yang dijalankan hanya memperlihatkan taburan gula halus, atau olesan mentega yang ditaburi meses.


Nah, berikut ini 5 wangsit kreasi dalam mempercantik donat yang harus anda coba semoga donat nggak lagi membosankan tampilannya.


Baca Juga : 6 Tips Goreng Donat Agar Mengembang dan Matang Merata


1. Coklat Masak


Image : thesaucela.com

Topping paling simple namun bagus untuk mempercantik donat adalah dengan lelehan coklat masak. Lelehkan coklat dengan cara ditim dengan api kecil biar kilau coklat tidak hilang.


Nah, anda mampu memakai coklat masak murni (chocolate compound) atau coklat putih yang diberi pasta pewarna kuliner agar menciptakan donat dengan warna yang cantik. Celupkan salah satu permukaan donat pada coklat yang sudah leleh, dan jadilah topping donat yang gampang tetapi manis.


2. Meses Warna



Seperti langkah sebelumnya, donat yang dicelupkan coklat masak bisa juga dikombinasikan dengan meses agar semakin elok. Coklat leleh akan menciptakan msses tidak mudah lepas dan menempel pada donat.


Untuk taburan mesesnya, anda bisa memakai meses coklat atau meses warna, sesuaikan saja dengan selera. Taburkan perlahan dan bertahap semoga rapi dan terlihat bagus.


3. Drizzle


Image : kitchendecor.club

Drizzle pada kudapan manis atau roti ialah ialah teknik menyiramkan materi kental, misalkan coklat cair, diatas kudapan manis. Pada donat drizzle bisa dilakukan dengan menyiramkan coklat cair dengan sendok. Atau agar lebih gampang masukan coklat cair pada plastik segitiga yang diberi lubang. Siramkan melekuk-lekuk pada topping donat.


Bisa juga menciptakan drizzle dari coklat putih yang dilelehkan begitu saja, atau diberi pewarna. Alternatif lainnya jika ingin lebih gampang, bisa juga membuat drizzle dari topping jam atau selai botol yang mudah ditemukan di swalayan.


4. Sprinkle


Image : realfood.tesco.com

Berikutnya yang juga gampang yaitu dengan menaburkan spikel trimit / spikel gula / sugar sprikles di atas donat yang telah dicelupkan pada coklat masak. Bukan cuma donat akan cantik, ketika digigit donat juga akan menunjukkan sensasi renyah cuek dari spikel. 


Spikel trimit ini gampang didapatkan di toko materi kue, dan dijual dalam kemasan kecil. Taburkan perlahan dan sedikit demi sedikit di atas donat supaya rapi dan terlihat cantik.


5. Crumble


Image : newsday.com

Kreasi terakhir untuk mempercantik donat yaitu dengan menaburkan crumble / remahan. Anda bisa menggunakan remahan sereal, atau biskuit yang dihancurkan. Nah, anda juga bisa lebih mengkreasikannya lagi, misalkan pada satu donat setengah bab menggunakan meses, dan setengahnya lagi crumble.


Bagaimana? 5 kiat ini memberi inspirasi anda untuk membuat donat dan mempercantik sendiri di rumah, kan. Yuk, buat donat sendiri, dan mempercantik sendiri sesuai kreatifitas masing-masing.


Baca Juga : Tips Adonan Donat Lembut dan Mengembang


Posting Komentar untuk "Kreasi Menghias Donat yang Cantik dan Menarik"