Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Kudapan Olahan Sukun Enak dan Gurih

Penulis: Niahappy


Buah sukun memiliki rasa yang cenderung tawar, tetapi jika Anda terpelajar mengolahnya camilan olahan sukun akan terasa yummy dan membuatAnda ketagihan. Nah, berikut ini beberapa anjuran kudapan olahan sukun yang bercitarasa enak dan juga kaya manfaat, yuk intip!


1. Donat Sukun


donat singkong empuk


Donat mampu dikreasikan dengan aneka materi. Sukun ialah salah satunya. Anda bisa mengukus sukun apalagi dulu gres dicampur dan diuleni dengan bahan donat lainnya. Yuk, ikuti resep di bawah ini.


Dalam wadah, campurkan tepung, sukun, gula pasir, ragi, dan susu debu. Aduk rata. Masukan kuning telur dan tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni sampai kalis. Masukan margarin dan garam. Uleni kembali hingga bener-bener kalis. Sisihkan dan istirahatkan gabungan selama 30 menit.


Tinju adonan dan kempesken (hilangkan anginnya). Ambil sedikit campuran kemudian lingkaran-bulatkan dan beri lubang di tengahnya. Diamkan selama 15-20 menit sampai gabungan mengembang 2 kali lipat.


Panaskan banyak minyak goreng donat dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama topping gula halus, parutan keju, atau lainnya sesuai selera.


Baca Juga: Resep Donat Singkong


2. Sukun Goreng



Kupas sukun kemudia potong kemudian cuci higienis dan sisihkan. Dalam wadah, masukan bumbu, yaki garam, ketumbar, dan bawang putih kemudian beri sedikit air. Masukan sukun ke dalam bumbu dan aduk sampai rata. Diamkan kira-kira selama 10 menit biar bumbu meresap dan bagian luar sukun sangat-sungguhgurih nantinya. Panaskan minyak goreng kemudian tambahkan margarin ke dalamnya. Jika minyak telah panas, goreng sukun hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan sajikan.


3. Keripik Sukun



Siapa yang belum coba keripik sukun? Keripik sukun tidak kalah gurih dan yummy dari keripik singkong, lho. Bagi Anda yang belum coba, yuk coba bikin keripik sukun sebagaipengganti makanan ringan Anda. Gampang banget, kok!


Kupas sukun kemudian cuci higienis, tiriskan. Iris tipis sukun, tebalnya mesti sama. Jika tidak, sukun tidak akan matang merata. Rendam sukun dengan bawang putih yang sudah dihaluskan selama 30 menit. Goreng sukun dengan minyak banyak dan api sedang, tiriskan. Setelah cuek, taburi garam, ayak. Siap dihidangkan.


Baca Juga : Resep Keripik Singkong


4. Bolu Sukun


Kue Bolu Pisang Enak


Wah, ternyata sukun mampu dibuat menjadi bolu lho. Bolu tergolong salah satu resep kudapan manis yang gampang dibuat dan murah. Rasa bolu sukun tak kalah enak dengan kue bolu pisang yang lazimnya dijual. Yuk, coba buat!


Haluskan sukun yang sudah dikukus, sisihkan. Kocok gula dan telur dengan kecepatan tinggi hingga gula larut, masukan SP, kocok lagi hingga kental berjejak. Masukan tepung dan sukun yang sudah dihaluskan secara bergantian sampai habis, sambil di mixer kecepatan rendah. Masukan susu cair, mixer kembali dengn kecepatan rendah.


Masukan susu cair, mixer kembali dengan kecepatan rendah. Masukan mentega cair dan aduk dengan teknik aduk balik. Tuang ke dalam loyang. Oven dengan suhu 180oC hingga matang.


Baca Juga : Resep Bolu Pisang


5. Sari Manis Sukun



Kupas sukun, kemudian potong-potong, basuh higienis. Kukus sampai matang. Haluskan sukun dalam keadaan panas. Tambahkan garam, gula, margarin, aduk rata lalu tambahkan kuning telur. Aduk rata. Bentuk campuran bulat-bulat kemudian pipihkan. Lakukah sampai gabungan habis. Celup ke putih telur, goreng dengan minyak yang telah dipanaskan. Angkat dan tiriskan.


Untuk sausnya masak gula merah dengan air secukupnya, masukan daun pandan. Masak sampai mendidih. Angkat. Sajikan dan tuang saus bagus di atas sukun.


6. Getuk Sukun


getuk lindri istimewa


Ada banyak masakan atau kudapan yang mampu dihasilkan dari sukun. Salah satunya yakni getuk. Getuk sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni getuk lazimdan getuk lindri. Getuk umumyang dibentuk dari singkong rebus atau kukus yang ditumbuk dengan gula merah, diiris halus lalu dihidangkan bersama parutan kelapa. Sementara getuk lindri lazimnya akan memberi perhiasan pewarna masakan pada singkong yang sudah ditumbuk halus bersamagula merah. Tak jarang juga getuk dikombinasikan dengan materi masakan yang lain mirip ubi, sukun, talas, atau pisang supaya menunjukkan rasa dan aroma yang lebih lezat.


Kupas sukun potong kecil-kecil lalu basuh higienis. Kukus sukun sampai empuk. Haluskan sukun, sisihkan. Dalam wadah, campur sukun yang telah dihaluskan, adonan gula, dan pewarna hijau. Aduk sampai rata. Giling campuran getuk dengan alat penggiling khusus getuk. Gulung kemudian potong getuk. Sisihkan. Campur semua materi taburan kemudian balur dan taburkan bersama getuk. Siap dihidangkan selagi hangat.


Baca Juga: Resep Getuk Lindri


Posting Komentar untuk "Aneka Kudapan Olahan Sukun Enak dan Gurih"