Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kreasi Lezat Olahan Ubi

Penulis: Niahappy


Di pasaran, dengan mudah kita bisa mendapatkan ubi kuning, ubi cilembu, ubi ungu, dan ubi putih. Ubi sering dicari karena rasanya yang legit dan elok, lho. Ubi mampu dimasak menjadi berbagai jenis kuliner yang lezat. Selain yummy, ternyata ubi mengandung nutrisi yang bisa menolong melawan bermacam-macam penyakit. Nah berikut menu lezat dari ubi yang mampu Anda buat di rumah!


1. Bingka Ubi


bingka kentang pandan


Bingka populer selaku kudapan manis tradisional khas Banjar yang berbahan dasar gula, tepung, santan, dan telur. Dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api arang, bingka lazimnya dibentuk berupa bunga besar. Bingka memiliki perpaduan cita rasa elok dan gurih yang sungguh pekat, dengan tekstur yang sungguh lunak dan lembut. Beda tempat, beda pula model kudapan manis bingkanya, mirip bingka khas Melayu yang bertekstur lebih padat dan ‘ringan’ ini.


Campur santan kental, daun pandan, dan daun suji, kemudian haluskan jadi satu. Saring dan sisihkan. Dalam satu wadah, campur ubi kukus, tepung terigu, telur, gula, garam, dan adonan santan. Aduk rata menggunakan whisker atau mampu menggunakan blender. Masukkan margarin cair, aduk rata. Oles tipis loyang bingka dengan margarin.


Panaskan di atas kompor menggunakan api kecil. Setelah loyang benar-benar panas, tuang adonan. Taburi wijen. Tutup cetakan. Masak hingga matang dan permukaan kudapan manis bingka mengering, selama sekitar 30-40 menit. Angkat loyang. Dinginkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang kemudian potong sesuai selera.


Baca Juga : Resep Bingka Kentang


2. Puding Ombre Ubi Ungu


puding ombre ubi ungu


Ubi ungu bisa dikreasikan menjadi aneka macam masakan yang yummy dan bagus. Mulai dari keripik, brownies hingga puding yang mudah dibuat sehari-hari. Warna ungu alami yang dihasilkan oleh ubi ungu ini membuat puding ini mempunyai daya tarik sendiri dikala disuguhkan.


Pertama kukus ubi lalu blender ubi yang sudah dikukus dengan air hangat. Saring sampai menjadi pasta halus lalu sisihkan. Campur gula pasir, garam, vanili, dan semoga-agar debu. Aduk rata. Tuang santan, aduk sampai rata.


Bagi menjadi 3 bab cairan semoga-biar. Ambil satu bagian cairan agar-supaya, beri 6 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak dalam panci hingga mendidih. Angkat lalu tuang ke dalam cetakan. Biarkan sampai setengah mengeras. Ambil satu bagian cairan semoga-biar, beri 3 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak dalam panci sampai mendidih. Tuang di atas lapisan pertama yang telah mengeras. Diamkan kembali sampai lapisan ke dua mengeras.


Ambil satu bagian terakhir cairan agar-semoga, beri 1 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak sampai mendidih. Tuang di atas lapisan kedua tadi. Diamkan hingga mengeras kemudian simpandi dalam lemari es sebelum disajikan.


Baca Juga : Resep Puding Ombre Ubi Ungu


3. Sop Ubi


sop ubi gurih


Masakan rumahan khas Makassar ini rasanya yummy dan gurih, lho. Uniknya sop ini dimakan bersamaubi, bukan nasi. Bisa jadi ide masakan buat anda yang sedang kurangi konsumsi nasi. Daripada ingin tau rasanya mirip apa, mending coba bikin, yuk.


Rebus daging hingga empuk, ganti air rebusan pertama untuk membuang kotoran. Potong kotak daging, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan bumbu, garam, gula, dan kaldu jamur ke dalam rebusan daging. Masak kuah hingga harum. Tata bihun, daging, tauge, dan singkong dalam mangkok. Siram dengan kuah daging. Sajikan dengan materi aksesori.


Baca Juga : Resep Sop Ubi


4. Bola-bola Ubi


Bola Bola ubi manis


Ubi sudah terbukti punya banyak aneka olahan lezat yang menghidupkan selera. Salah satunya yaitu bola-bola ubi. Ubi kukus akan dihaluskan, lalu dicampur dengan bahan praktis seperti gula abu dan tepung sagu, dibentuk bulat, kemudian digoreng sampai matang. Anda mampu berkreasi dengan menambahkan isian di tengah bola ubi mirip keju dan coklat, supaya lebih spesial.


Dalam wadah, campur semua materi bola ubi kuning/ungu, kecuali keju. Aduk rata. Masing-masing gabungan bulatkan sebesar bola pingpong kemudian beri irisan keju dadu di tengahnya. Bulatkan kembali, lakukan hingga semua adonan habis. Panaskan banyak minyak. Goreng bola-bola ubi dengan api sedang sampai matang. Angkat dan tiriskan. Siap disuguhkan.


Baca Juga : Resep Bola-bola Ubi


5. Timus Ubi


Timus Ubi Simpel


Ubi ialah materi pangan yang banyak ditemukan di Indonesia. Tak heran ada banyak pula hidangan yang mengkreasikan materi ini. Timus yakni salah satu olahannya yang gampang dan praktis dibuat, serta enak dijadikan kudapan ringan di pagi atau sore hari.


Kupas ubi jalar kemudian potong-potong dan cuci bersih. Kukus ubi hingga matang. Angkat. Lumatkan ubi dengan garpu. Campur ubui halus dengan tapioka, gula, vanili, dan garam. Aduk adonan sampai rata. Ambil secukupnya gabungan lalu bentuk jadi bundar lonjong. Lakukan hingga semua gabungan habis. Panaskan minyak. Goreng timus dengan api sedang sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap disuguhkan.


Baca Juga : Resep Timus Ubi


6. Donat Ubi Ungu


donat ubi ungu empuk


Ada banyak kombinasi donat bermunculan. Salah satunya yaitu donat ubi ungu yang tampakunik, menarik, dan membangkitkan selera. Jika ingin citarasa ubi ungu yang lebih kuat, Anda mampu menambahkan sedikit debu taro yang banyak dijual di toko materi kudapan manis. Yuk coba bikin!


Campur ubi ungu kukus yang telah dihaluskan dengan susu cair, kemudian aduk sampai rata dan jadi mirip pasta. Sisihkan. Dalam wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir, susu debu, ragi, kuning telur, dan pasta ubi ungu. Mikser atau aduk hingga kalis.


Masukkan abu taro, mentega, dan garam. Mikser kembali atau uleni sampai elastis. Tutup wadah dengan plastik wrap atau kain serbet berair dan higienis. Diamkan hingga campuran mengembang. Kempeskan adonan kemudian bagi jadi 12 campuran, lalu bulat-bulatkan. Diamkan kembali selama 1 jam sampai mengembang.


Panaskan banyak minyak dalam wajan dan kecilkan apinya. Ambil 1 buah adonan kemudian tusuk bab tengahnya dengan sumpit. goreng adonan sambil terus diputar-putar bab tengahnya menggunakan sumpit. Biarkan sampai segi yang tergoreng berwarna kecokelatan, kemudian balik segi satunya. Angkat, tiriskan, dan biarkan acuh taacuh. Lanjutkan menggoreng donat sampai habis. Setelah hambar, taburi donat dengan gula abu. Siap disuguhkan.


Baca Juga : Resep Donat Ubi Ungu


7. Bolu Ubi Kukus


bolu kukus ubi lembut


Blender ubi dan santan hingga lembut. Sisihkan. Kocok gula, telur, dan emulsifer sampai kental dan mengembang. Masukkan tepung terigu dan susu debu, bergantian dengan hasil blenderan ubi sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Siapkan cetakan bolu kukus. Alasi dengan kertas kue. Tuang gabungan sampai cetakan sarat . Kukus kue dengan api besar selama 10 menit. Keluarkan dan biarkan acuh taacuh. Siap disajikan.


Baca Juga : Resep Bolu Ubi Kukus


8. Pie Ubi



Sajian ubi yang menjadi favorit orang korea salah satunya ialah pie ubi. Pie ubi mempunyai rasa yang elok gurih dan bertekstur renyah, alasannya itulah sajian ini sangat favorit untuk dikonsumsi.


Siapkan wadah, potong butter kecil-kecil, masukkan tepung terigu protein rendah, unsalted butter, telur, dan vanili. Aduk hingga menjadi campuran. Bagi adonan menjadi 2 bab. Bungkus dengan plastik rapat. Simpan di kulkas selama 1 jam. Aduk butter sampai teksturnya seperti krim. Masukkan tepung almond, telur, gula, dan susu. Aduk sampai rata. Masukkan ubi yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Oles loyang dengan butter. Giling adonan yang sudah didinginkan. Masukan ke dalam loyang, dan tusuk bab tengah campuran dengan garpu. Masukkan isian ubi.


Giling tipis sisa adonan, iris memanjang tipis. Tata pie seperti bentuk anyaman atau sesuai selera. Olesi dengan kuning telur. Oven dengan suhu 180o selama 30 menit. Biarkan pie sampai hambar, keluarkan dari loyang. Pie siap disajikan. Selamat mencoba.


Baca Juga : Resep Pie Apel


Posting Komentar untuk "8 Kreasi Lezat Olahan Ubi"