Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Sajian Minuman Segar dari Santan Kelapa

Penulis: Niahappy


Masyarakat Indonesia memang tak mampu hidup tanpa santan. Pasalnya, bahan ini nyaris selalu dipakai untuk mengolah kuliner lauk hingga pencuci verbal. Gurih dari santan sangat cocok dipadukan oleh pencuci verbal dan minuman anggun, karena santan akan meminimalkan rasa eneg dari manisnya gula. Berikut kami hidangkan bermacam-macam inspirasi kreasi minuman dari santan yang mampu Anda coba:


1. Es Cendol Dawet



Selain sop buah, salah satu minuman menyegarkan yang wajib ada saat bulan ampunan yaitu es cendol. Kenyalnya cendol yang dipadukan dengan rasa anggun dari saus gula merah cair, gurih sekaligus asin dari saus santan, dan dingin dari es kerikil itu betul-betul menghidupkan selera.


Untuk menciptakan cendol, campur tepung beras, tepung hunkwe, air perasan daun suji/pandan, air matang, air es, dan garam. Aduk sampai campuran meletup-letup. angkat dan tiriskan.


Setelah itu cetak gabungan cendol di alat khusus selagi panas. Lakukan di atas air es, tiriskan. Sajikan cendol dengan saus gula merah cair dan kuah santan. Es cendol dawet siap dirasakan.


Baca Juga : Resep Es Cendol Dawet


2. Es Selendang Mayang


Selendang mayang segar


Es selendang mayang ialah minuman yang memadukan kue kenyal berwarna-warni dari tepung hunkwe yang disiram dengan kuah santan dan saus gula. Rasanya manis dan sedikit gurih. Minuman tradisional khas Betawi ini sangat segar diminum siang hari.


Membuatnya cukup mudah, pertama campur sagu tani, tepung hunkwe dan air seperlunya. Aduk rata. Bagi adonan jadi 3 bagian lalu beri pewarna kuliner sesuai selera. Masak semua gabungan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai meletup-letup. Tuang ke dalam loyang. Diamkan hingga mengeras, sisihkan.


Saus gula, masak gula merah, daun pandan dan sedikit air. Masak hingga mendidih. Angkat dan sisihkan. Dalam panci lain, campur santan, daun pandan dan garam. Masak hingga mendidih sambil diaduk terus. Angkat dan sisihkan.


Keluarkan selendang mayang dari loyang, dan potong-potong kotak seuai selera. Sajikan selendang mayang dalam gelas saji. Tuang santan dan saus gula. Beri es batu. Siap dirasakan.


Baca Juga : Resep Es Selendang Mayang


3. Es Gempol Pleret


es gempol pleret segar


Gempol pleret yakni minuman tradisional dari Jawa Tengah. Ciri khas dari minuman ini yakni gempol warna-warni yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka. Rasa kuahnya yang gurih dan anggun terasa makin segar bila disertakan es batu.


Campur dan aduk rata tepung beras, tepung tapioka, gula dan garam. Tuangkan air panas secara sedikit demi sedikit, aduk rata uleni sampai kalis, kemudian bagi menjadi 3 warna sesuai selera. Bentuk adonat lingkaran pipih, tekan bagian tengahnya. Rebus sampai campuran mengembang dan matang, tiriskan.


Didihkan santan, gula, daun pandan dan garam sambil terus dicampur. Setelah agak hangat, masukkan susu kental cantik dan aduk kembali. Matikan kompor, diamkan hingga cuek. Sajikan dengan pemanis es kerikil.


Baca Juga :  Resep Es Gempol Pleret


4. Es Kacang Merah


es kacang merah


Untuk mendatangkan menu penutup menyegarkan ini, Anda bisa memadukan kacang merah dengan es serut, kuah santan, susu kental bagus, dan sirup merah. Yuk coba buat!


Masukkan kacang merah yang sudah dibersihkan dalam panci dan tambahkan kayu manis. masak sampai kacang merah lunak. Masukkan gula merah, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan masak kembali sampai kuah mengental.


Tuang larutan maizena. Aduk rata lalu masak sampai kuah mendidih dan mengental. Matikan api dan biarkan acuh taacuh. Selagi menanti hambar campur santan, garam, daun pandan dan larutan tepung maizena. Masak dengan api kecil. Aduk hingga mendidih dan angkat.


Siapkan gelas, masukkan kacang merah. Tuang dengan saus santan dan susu kental bagus. siap dihidangkan.


Baca Juga : Resep Es Kacang Merah


5. Es Cincau Hijau


Es cincau praktis


Ada dua jenis cincau yang umum kita temui, cincau hitam yang kenyal-padat dan cincau hijau yang lembut. Resep berikut akan menerangkan langkah menciptakan cincau hijau sekaligus menjadikannya jadi minuman yang lezat dan menyegarkan.


Pertama buat campuran cincau apalagi dahulu. Campur daun cincau dengan air. Remas-remas daunnya hingga air berwarna kehijauan dan daun sudah berganti pucat. Saring airnya dan pindahkan ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama beberapa jam sampai cincau memadat.


Selanjutnya santan gula. Dalam panci, camput semua bahan kemudian masak sampai mendidih, angkat dan dinginkan. Siapkan gelas saji. Iris-iris cincau atau ambil cincau menggunakan sendok dan taruh di gelas. Tuang santan gula sesuai selera. Beri suplemen es batu. Siap dihidangkan.


Baca Juga : Resep Es Cincau


6. Es Laksamana Mengamuk


laksamana mengamuk


Walaupun namanya menyeramkan, minuman khas Riau ini sangat segar, lho. Gurihnya santan dipadu dengan gula dan mangga kweni yang harum sungguh menarik hati! Es laksamana mengamuk sering dijumpai dikala pesta ijab kabul maupun bulan puasa. Yuk membuatsendiri!


Pertama, masak gula dan air sampai larut dan mendidih, dinginkan. Selanjutnya masak santan, garam dan daun pandan sampai mendidih, dinginkan. Susun es watu, daging kelapa, selasih dan kweni dalam gelas. Tuang air gula dan santan secukupnya, sajikan.


Baca Juga : Resep Es Laksamana Mengamuk


7. Es Pisang Ijo


Pisang Ijo lezat


Dinamakan pisang hijau karena yang dibentuk dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Es ini juga dihidangkan menggunakan suplemen sirup berwarna merah dan bubur sumsum yang sungguh lembut.


Pertama siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, santan, pasta pandan, garam dan air secukupnya. Aduk rata sampai gabungan licin, lalu saring. Tuang adonan dalam loyang. Panaskan panci kukusan. Kukus selama 15 menit hingga matang. keluarkan loyang dan biarkan cuek sampai uapnya hilang. Uleni gabungan sampai kalis.


Bagi adonan jadi 6 bab lalu masing-masing pipihkan. Taruh pisang di atas adonan pipih. Gulung lalu rapatkan kedua ujungnya. Ulangi langkah ini dan kerjakan hingga adonan habis. Kukus pisang ijo selama 10 menit. Angkat dan dinginkan.


Selanjutnya untuk saus, dalam wadah larutkan santan dengan tepung beras lalu aduk sampai licin. Dalam panci, masak sisa santan bersamagula, garam, dan daun pandan sampai mendidih. Tuang larutan santan-tepung beras, aduk sampai mengental. Matikan api.


Iris-iris pisang ijo, kemudian tata di mangkuk. Siram dengan saus santan, es watu, susu kental anggun dan sirup pisang ambon dan suguhkan.


Baca Juga : Resep Es Pisang Ijo


Posting Komentar untuk "7 Sajian Minuman Segar dari Santan Kelapa"