Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Olahan Lezat Talas Mudah Dibuat!

Penulis: Niahappy


Biasanya talas dimakan cuma dengan dikukus. Selain dikukus, ada cara lain juga lho, untuk mengolah talas. Namun, semoga terasa makin enak, niscaya mesti diolah dengan tepat. Sebagai acuan, yuk, cek resep olahan talas di bawah ini!


1. Donat Talas



Donat bisa dikreasikan dengan aneka bahan. Talas yaitu salah satunya. Anda bisa mengukus talasnya terlebih dahulu gres diaduk dan diuleni dengan materi donat lainnya. Cari tahu, yuk rahasianya di resep ini semoga donat talas lembut, empuk, dan lezat.


Kukus talas sampai empuk lalu haluskan, sisihkan. Dalam wadah, campurkan tepung, talas, gula pasir, ragi, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukan kuning telur dan tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni sampai kalis. Masukan margarin dan garam. Uleni kembali sampai benar-benarkalis. Sisihkan dan istirahatkan adonan selama 30 menit.


Tinju gabungan dan kempeskan (hilangkan anginnya). Ambil sedikit gabungan lalu bundar-bulatkan dan beri lubang di tengahnya. Diamkan selama 15-20 menit sampai adonan berbagi 2 lipat. Panaskan banyak minyak. Goreng donat dengan api sedang sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap dihidangkan.


Baca Juga: Resep Donat Ubi Ungu


2. Lapis Talas Bogor



Pertama kukus talas sampai lembek. Kemudian haluskan talas kukus dengan blender. Tambahkan sedikit  santan, blender kembali. Sisihkan. Dalam wadah kocok margarin dan gula pasir sampai mengembang. Masukan telur satu per satu. Kocok sampai rata dan tekstur menjadi lembut. Masukan pasta talas dan tepung terigu. Aduk sampai benar-benar rata. Bagi dua adonan. Adonan pertama beri pewarna ungu dan gabungan kedua beri warna kuning. Masukan campuran warna ungu ke dalam loyang 1 campuran kuning ke loyang 2. Kukus hingga matang. Letakan kudapan manis warna ungu di piring olesi dengan selai kesukaan Anda dan keju kemudian tumpukan kue warna kuning. Olesi kembali selai dan beri taburan keju. Siap disajikan.


Baca Juga: Resep Kue Lapis Surabaya


3. Keripik Talas



Saat santai memang paling enak nyemil keripik. Nah, coba kripik talas rasanya gurih dan renyah. Bikinnya gampang banget lho!


Cuci higienis talas lalu iris tipis, sishkan. Haluskan bawang putih dan garam. Tuangkan air ke dalam wadah. Masukan bumbu halus dan tambahkan ketumbar. Aduk rata. Masukan irisan talas dalam larutan bawang putih dan ketumbar. Diamkan sekitar 30 menit. Goreng irisan talas sampai garing. Angkat dan hidangkan.


Baca Juga : Resep Keripik Bawang


4. Kue Lumpur Talas


kue lumpur kentang lembut


Kue basah tradisional yang popular dengan perumpamaan kue lumpur ini memiliki ciri khas berupa bulat dengan teksturnya yang lembut. Variasi materi yang umum dipakai dalam kue ini ialah kentang. Namun, ketika ini kudapan manis lumpur banyak variasinya. Mulai dari kentang, ubi, hingga talas.


Pertama kukus talas sampai empuk lalu haluskan dan sisihkan. Dalam panci, masukan santan dan daun pandan. Rebus sambil diaduk hinggamendidih. Angkat dan biarkan hangat. Kocok telur dan gula dengan mikser kecepatan sedang sampai gula larut. Masukan talas, tepung terigu, susu kental manis, garam, dan vanili. Lanjutkan mikser dengan kecepatan rendah, sambil dituang santan sedikit demi sedikit.


Tuang mentega cair. Kocok rata. Panaskan wajan cetakan kue lumpur. Beri olesan mentega atau margarin. Tuang adonan kue lumpur setinggi ¾ cetakan. Tutup wajan dan biarkan masak dengan api kecil hingga setengah matang. Beri kismis di atasnya sebagai topping. Tutup kembali dan teruskan masak dengan api kecil hingga setengah matang. Beri kismis di atasnya sebgai topping. Tutup kembali dan lanjutkan masak hingga matang. Angkat. Siap dihidangkan.


Baca Juga : Resep Kue Lumpur


5. Getuk Talas


getuk lindri istimewa


Ada banyak kuliner atau makanan ringan yang bisa dihasilkan dari talas. Salah satunya adalah getuk. Walaupun lazimnya getuk berbahan dasar singkong, namun menggantinya dengan talas juga tak kalah enak, lho. Yuk, intip resepnya!


Kukus talas sampai benar=benar empuk. Angkat lalu eksklusif haluskan talas selagi hangat. Sisihkan. Dalam wadah, campur gula pasir, kelapa parut bergairah, dan garam. Aduk rata sampai gula larut. Campur talas yang sudah dihaluskan, adonan gula, dan pewarna hijau. Aduk sampai rata.


Giling adonan getuk dengan penggiling khusus getuk lindri. Gulung kemudian potong getuk. Sisihkan. Campur semua materi taburan kemudian balur dan taburkan bersamagetuk. Siap dihidangkan selagi hangat.


Baca Juga : Resep Getuk Lindri


Posting Komentar untuk "5 Resep Olahan Lezat Talas Mudah Dibuat!"