Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Resep Kue yang Praktis dan Ekonomis untuk Pemula

Editor: Ria


Sebagai pemula dalam menciptakan kudapan manis, lazimnya banyak yang tidak percaya diri alasannya adalah takut gagal. Kunci dalam proses pengerjaan kue yaitu kecermatan. Jika anda baru pertama kali menciptakan kue, ada beberapa resep kudapan manis yang mudah dan minim risiko, cocok dibuat oleh pemula.


1. Pancake Pisang


Pancake pisang fluffy


Kue yang satu ini identik dengan sajian sarapan. Namun siapa sangka, pancake juga bisa dikreasikan untuk segala situasi.


Bahan-materi terutama sangat mudah, yakni terigu, gula pasir, mentega, susu cair, pisang , baking powder, dan telur. Terlebih lagi, anda tak perlu mengeluarkan panggangan atau panci dandang alasannya adalah kue ini cukup dibuat dengan wajan datar (frying pan). Mudah, kan?


Nah, pancake bisa suguhkan dengan topping saus coklat, madu, hingga es krim. Yummy!


Coba Resep : Pancake Pisang


Baca juga: 5 Tips Membuat Pancake yang Mengembang Tebal dan Empuk


2. Crepes


crepes pisang keju coklat garing


Ingin kue bertekstur kriuk namun tak perlu keluar oven? Crepes jawabannya! Dari sarapan sampai camilan sore, kue yang juga dibuat dengan wajan ini memang sangat cocok untuk segala situasi.


Bahan utamanya tak jauh beda dari pancake, yaitu terigu, telur, gula, susu cair, margarin, dan baking powder. Kalau mau teksturnya lebih renyah, anda mampu tambahkan tepung beras dan tapioka. Tambahkan saus coklat, parutan keju,  es krim, atau materi lainnya supaya lebih mantap!


Coba Resep : Crepes Pisang Cokelat Keju


3. Donat


Donat jadul empuk


Siapa yang tidak senang donat? Kudapan sepanjang masa ini memang pas disajikan untuk sahabat ngobrol dan santai. Donat ini bisa mengembang anggun tanpa diulen selama kita punya ragi, lho.


Untuk memasaknya juga tak perlu panggangan, karena donat juga mampu matang dengan digoreng. Setelah ditiriskan dan hambar, tambahkan aneka topping mirip parutan keju, meses, atau kacang.


Coba Resep : Donat Jadul


4. Kue Kering



Kue kering pengolahannya lebih gampang, karena tak butuh mengembang tinggi selayaknya cake.


Umumnya, kue kering menggunakan bahan-bahan sederhana mirip telur, terigu, mentega/margarin, gula, dan materi-materi perhiasan lain sesuai resep. Bahkan, ada pula kudapan manis kering yang tak perlu oven untuk matang, lho.


Kue kering tradisional mirip telur gabus, kudapan manis garpu, dan kue tambang cukup digoreng dengan minyak panas hingga kriuk. Tapi bila anda kekeuh ingin memanggang dalam oven mirip saya, bisa coba kudapan manis-kue mudah seperti choco chip cookies, kastengel, atau kudapan manis kacang.


Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kue Kering Tidak Renyah


5. Prol Tape



Suka dengan kue berbahan tape? Prol tape wajib dicoba! Kue asal Jember ini bertekstur padat, tetapi rasanya manis dan legit. Bahan-bahannya juga mudah didapat, yakni tape, terigu, telur, susu bubuk, susu cair, margarin, dan gula-garam seperlunya.


Langkah pembuatannya juga tak muluk-muluk nih, karena yang penting materi-materi tersebut tercampur rata dan lalu dipanggang hingga matang. Sajikan selaku teman minum teh atau kopi pastinya lezat, ya?


Coba Resep : Prol Tape


6. Muffin


muffin coklat manis


Suka dengan kudapan manis yang mudah disantap kapanpun tanpa mesti iris-iris? Coba saja buat muffin. Kue satu ini juga pakai bahan-bahan yang mudah didapat mirip terigu, baking powder, mentega/butter, gula, telur, susu, vanili abu, dan garam seperlunya.


Prinsip gabungan muffin ini juga tak muluk-muluk mirip prol. Adonan cukup dicampur hingga rata dan tak ada tepung yang menggumpal, alasannya kalau terlalu bertenaga dan lama, tekstur kue akan bantat setelah matang. Simple, kan?


Coba Resep : Muffin Cokelat


7. Brownies


brownies klasik


Siapa bilang bakers pemula tak mampu membuatbrownies? Sebagai penggemar coklat, aku telah membuktikannya sendiri! Brownies yakni kue bertekstur bantat yang super nyoklat. Dalam arti lain, langkah pembuatannya tak sebanyak kudapan manis-kue yang butuh mengembang naik.


Siapkan bahan-materi mirip coklat masak (DCC), gula, mentega/margarin, telur, terigu, dan coklat abu. Campurkan seluruhnya secara merata sesuai resep, lalu panggang atau kukus sampai matang, deh!


Coba Resep : Brownies Panggang Klasik


8. Bolu


bolu tape


Kalau sudah percaya mampu bikin kue yang ngembang, awalilah dengan membuat bolu loyang. Pada dasarnya, bolu yakni jenis cake sederhana yang bisa dimodifikasi atau ditambahkan aneka rasa dan bahan. Selain itu, materi dasar bolu sangatlah terjangkau yakni terigu, telur, mentega, gula pasir, dan baking powder. Kurang lebih sama dengan materi-bahan kudapan manis di atas, kan?


Dulu, saya pertama kali buat bolu rasa vanila (dengan vanili abu). Setelah sukses mengembang, aku pun mulai menggunakan variasi rasa lain seperti bolu pandan, bolu pisang, bolu tape, hingga bolu koja yang klasik.


Coba Resep : Bolu Tape


9. Lapis Legit


kue lapis legit mantap


Anda pasti tidak ajaib dengan kue yang satu ini, kan? Kue berair tradisional ini memang sudah populer sejak kala kolonial. Tampilannya yang anggun berlapis dengan aroma harum menjadi ciri khas dari kudapan manis lapis legit.


Bahkan selain lapis legit, banyak sekali aneka kudapan manis lapis khas tradisional yang lain juga tak kalah lezat, lho! Misalnya saja kue lapis hunkwe, kue lapis surabaya, dan kue lapis beras dengan proses pembuatannya yang mudah dan mudah!


Coba Resep : Kue Lapis Legit


10. Kue Ogura Pandan


Kue ogura pandan wangi


Ingin menikmati kudapan manis dengan tekstur yang lembut dan ringan? Cobain deh kudapan manis ogura yang satu ini. Sekilas kue ini memang mirip dengan chiffon cake, tetapi ternyata ogura memiliki teknik pemasakan yang berlawanan, lho!


Dengan menggabungkan teknik kukus dan panggang, itulah mengapa ogura mempunyai tekstur yang empuk dan moist. Varian kue ogura yang lain juga bisa Anda coba di di rumah. Salah satunya resep kudapan manis ogura cake zebra, yang memiliki tampilan menarik dan pastinya tak kalah lezat, ya!


Coba Resep : Kue Ogura Pandan


11. Semprong


kue semprong imlek


Ngemil kue semprong bareng keluarga memang sangat lezat, ya! Memiliki tekstur yang renyah, dengan perpaduan rasa elok dan gurih, menciptakan siapa pun yang menyantapnya niscaya susah berhenti.


Siapa sangka jikalau cara menjadikannya juga sungguh mudah, lho!  Intip resep di bawah ini, yuk!


Coba Resep : Resep Kue Semprong


12. Kue Cincin


kue cincin manis


Dari sisi tampilan, kudapan manis ini sekilas mirip dengan donat, ya? Eits, jangan salah! Meskipun dari segi tampilannya mirip dengan donat, namun kue cincin mempunyai rasa yang berlainan, lho.


Terbuat dari bahan sederhana, kudapan manis cincin memiliki rasa yang gurih, cantik, dan empuk dengan warna coklat gelapnya yang khas. Tak heran, bila kue ini banyak ditemui selaku kudapan manis pasar. Anda juga bisa membuat kudapan manis cincin sediri di rumah, lho!


Coba Resep : Resep Kue Cincin


13. Kue Bagea Sagu


Kue bagae sulawesi


Kue kering yang satu ini juga termasuk kuepasar yang sering dijumpai. Memiliki tekstur yang keras, renyah, dan manis yang unik, menciptakan kue bagea disukai banyak orang. Untuk menjadikannya sendiri tidak sulit, lho!


Membuat kue kering memang bisa menjadi hiburan tersendiri. Apalagi Anda bisa sekaligus membuat kreasi gres yang menawan. Nah, Anda juga bisa mengikuti resep-resep kudapan manis kering yang lain, mirip kue sagon, kudapan manis keciput, butter cookies, biji ketapang, lidah kucing, dan sagu keju.


Selain menciptakan kudapan manis kering di rumah, menciptakan aneka kue jajananpasar, seperti kudapan manis gabin, pie susu, serta onde-onde ketawa juga cocok untuk mengawalAnda berleha-leha . Cobain yuk!


Coba Resep : Resep Kue Bagea Sagu


14. Kue Talam


kue talam pisang


Selain warnanya yang beragam, jajananpasar yang satu ini juga memiliki banyak kombinasi lainnya, lho. Mulai dari kudapan manis talam labu kuning, kue talam jagung, kue talam udang kering, kue talam singkong, dan kue talam pandan.


Untuk resep kue talam kali ini, saya coba buat kue talam pisang. Rasanya yang elok dan legit, dijamin sangat menghidupkan selera!


Coba Resep : Kue Talam Pisang


15. Kue Mendut


kue mendut legit


Berbeda dari kudapan manis bugis, kudapan manis mendut dicicipi dengan guyuran kuah santan yang gurih dan creamy. Salah satu kuliner tradisional khas Jawa Tengah ini berbahan dasar tepung ketan putih, yang di dalamnya berisi parutan kelapa dan gula merah.


Teksturnya yang kenyal dan anggun, berpadu dengan gurihnya kuah santan sungguh memanjakan pengecap Anda. Yummy!


Coba Resep : Resep Kue Mendut


16. Kue Akar Kelapa


kue akar kelapa renyah


Kue jadul yang satu ini bisa menjadi contoh hindangan dikala Idulfitri. Untuk membuat bentuknya supaya sesuai dengan akar kelapa juga tidak sukar. Anda cuma membutuhkan cetakan kudapan manis khusus yang sungguh gampang didapatkan di pasaran dengan harga yang sungguh terjangkau.


Coba buat sendiri di rumah yuk dengan resep di bawah ini!


Coba Resep : Resep Kue Akar Kelapa


17. Kue Sakura


Kue sakura bolu moist


Meskipun tergolong masakan jadul, tetapi kudapan manis sakura masih banyak peminatnya lho!


Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan cetakan khusus berupa bunga sakura. Selebihnya, kue imut nan anggun ini sungguh gampang dibentuk dengan materi-bahan yang cukup mudah. Yuk, intip resepnya di bawah ini.


Coba Resep : Resep Kue Sakura (Bolu)


18. Kue Lumpur



Teksturnya yang lembut, dengan rasa bagus gurih, menciptakan kudapan manis lumpur menjadi favorit banyak orang, termasuk aku. Meski kue tradisional ini gampang sekali ditemui selaku jajananpasar, tidak ada salahnya Anda buat sendiri di rumah.


Kali ini saya buat kudapan manis lumpur dengan kombinasi materi dari labu kuning. Aromanya yang harum legit dan tekstur yang lembut, tak kalah enak dengan kudapan manis lumpur kentang.


Anda juga mampu lho menciptakan variasi kudapan manis lumpur lainnya yaitu kudapan manis lumpur surga. Kue lumpur yang satu ini yang dibuat dari adonan tepung beras, gula, dan santan menghasilkan tekstur yang lembut dengan rasa cantik gurih. Tertarik untuk coba menjadikannya?


Coba Resep : Resep Kue Lumpur Labu Kuning


19. Kue Cucur


kue cucur gula manis


Ingin menciptakan ke cucur sendiri, tetapi takut gagal? Yuk, lihat resep kue cucur di bawah ini! Ikuti kiat-tipsnya juga ya semoga pinggiran kudapan manis cucur bisa bersarang dan bertopi.


Coba Resep : Resep Kue Cucur Gula Merah


20. Kue Pukis


resep pukis coklat


Anda pasti telah tidak asing ya dengan kudapan manis yang satu ini. Yup! Kue pukis atau juga disebut dengan kudapan manis pancong memang sedang ngehits di kelompok anak muda.


Bahkan kini kue pancong disuguhkan dengan bermacam-macam rasa dan variasi topping kekinian yang membuatnya kian menghidupkan selera. Untuk membuatnya bahu-membahu sungguh mudah, lho.


Anda cuma perlu mempersiapkan cetakan kue khusus, dengan bahan-bahan yang terbilang mudah dan cepat dalam pengolahannya. Cobain yuk!


Coba Resep : Resep Kue Pukis Coklat (Pancong)


21. Kue Pancong


resep kue pancong


Ada yang masih ingat dengan kue ini? Jajanan tradisional ini mempunyai nama yang bermacam-macam di setiap tempat, lho. Di Jakarta sendiri kue ini dinamai kue pancong Betawi, sedangkan orang Surabaya menyebutnya kudapan manis rangin, dan orang Bandung menyebutnya bandros.


Meskipun mempunyai bermacam-macam istilah, kue ini yang dibuat dari bahan-materi yang serupa yakni adonan tepung terigu, gula pasir, santan, dan kelapa parut. Cara memasaknya pun dipanggang di cetakan khusus di atas tungku kecil.


Anda juga mampu membuatnya sendiri di rumah, lho!


Coba Resep : Resep Kue Pancong Betawi


22. Kue Cucuru Bayao


cucuru bayao manis


Kue ini lazimnya dihidangkan saat acara-program adab atau kawinan di Makassar. Istimewanya dari kudapan manis cucuru bayao ialah hanya menggunakan 2 bahan saja, lho! Penasaran mirip apa rasanya? Coba buat sendiri di rumah, yuk!


Coba Resep : Resep Kue Cucuru Bayao


23. Kue Ku


kue ku lezat


Siapa yang tak kenal dengan kudapan manis yang satu ini? Teksturnya yang empuk dan lembut membuat kue ini diminati banyak orang. Dengan isian kacang hijau yang berkulit dari bahan dasar tepung ketan, kue ku kadang periode dibuat dengan berbagai bentuk yang lucu.


Anda juga bisa lho memodifikasi bentuk dan warna kuenya. Ikuti tips pengerjaan kudapan manis ku dengan resep di bawah ini, ya!


Coba Resep : Resep Kue Ku


24. Kue Ketan Hitam Kukus


kue ketan hitam


Selain mampu memperbesar kemampuan Anda, membuat kudapan manis sendiri juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan berbelanja. Jika Anda gres mengawali, resep kue yang satu ini mungkin mampu Anda coba.


Sesuai dengan namanya, kudapan manis ketan hitam kukus ini yang dibuat dari tepung ketan hitam. Cara pembuatannya juga sungguh mudah dan gampang. Anda juga tak perlu repot mengeluarkan oven.


Namun, jikalau Anda ingin membuat kue ketan hitam dengan model yang dipanggang, Anda juga mampu lho mengikuti resep bolu ketan hitam ini.


Coba Resep : Resep Kue Ketan Hitam Kukus


25. Wajik Ketan


wajik ketan praktis


Jika Anda penggemar kuliner berbahan dasar ketan, kue yang satu ini bisa menjadi opsi. Di daerah Jawa Tengah, kue ini lebih dimengerti dengan perumpamaan wajik. Rasanya yang manis dengan tekstur kenyal, sangat cocok disajikan bareng teh atau kopi.


Selain itu, Anda juga mampu menjajal kreasi berbahan dasar ketan putih lainnya. Lupis salah satunya. Berbeda dengan wajik, lupis dibentuk dengan cara dikukus dalam bungkusan daun pisang kemudian dibalur dengan parutan kelapa dan dihidangkan dengan saus gula jawa kental.


Coba Resep : Resep Wajik Ketan


Baca juga: 9 Resep Jajanan Tradisional & Modern dari Beras Ketan


26. Kue Cubit



Resep kue super simpel yang lain yang bisa Anda coba yaitu kue cubit. Bahan-bahannya sangat biasa dan murah mirip terigu, telur, dan gula.


Dulu, saya pertama kali buat kue cubit orginal, seperti yang sering sekali dijajakan di depan sekolah atau pinggir jalan. Namun, sekarang saya telah berbagi kreasi kudapan manis cubit yang lain, mirip yang sedang hits saat ini adalah kudapan manis cubit green tea.


Coba Resep : Resep Kue Cubit


27. Kue Rangi


kue rangi manis


Anda pasti tahu kue tradisional yang satu ini, kan? Sayangnya, penjual kue rangi sekarang sukar ditemukan. Namun, dengan resep ini Anda tak perlu khawatir sebab Anda bisa menciptakan ku rangi sendiri di rumah. Cobain yuk!


Coba Resep : Resep Kue Rangi


28. Kue Leker


Kue leker renyah


Bagi Anda yang dahulu sering jajan ketika masih di sekolah, pasti memiliki penganan atau camilan favorit yang ditunggu dikala jam istirahat. Bisa ditebak, salah satunya adalah kue leker kan? Kini Anda bisa menjadikannya sendiri dengan resep di bawah ini, lho.


Coba Resep : Resep Kue Leker


29. Kue Mochi


kue mochi kenyal



Ingin coba membuat mochi sendiri di rumah? Resep mochi ini sangat mudah dengan isian kacang tanah yang bisa Anda coba di rumah. Bukan cuma rasanya yang lezat, tetapi tampilannya juga elok dan warna-warni. Ikuti cara menjadikannya, ya!


Coba Resep : Resep Kue Mochi


30. Kue Garpu



Ingin membuat kudapan renyah asin-gurih yang mudah dan gampang? Kue garpu mampu jadi pilihan. Bentuknya bergerigi, dengan rasa gurih yang nggak membuateneg mampu Anda buat sendiri di rumah.


Coba buat juga camilan gurih lainnya, yuk! Misalnya saja kudapan manis tusuk gigi yang aku buat dengan bahan-materi yang gampang di bisa. Rasanya pun tak kalah nikmat dengan yang di jual di toko snack kiloan.


Coba Resep : Resep Kue Garpu


31. Kue Odading


odading wijen empuk


Kue yang satu ini lazimdijual bareng cakwe. Namanya ialah kudapan manis odading.


Kue goreng khas Bandung ini yang dibentuk dari bahan-materi sederhana, seperti terigu, telur, gula pasir, ragi, dan air hangat. Kue ini juga bertabur biji wijen putih yang menjadikannya semakin lezat untuk dimakan bareng keluarga.


Coba Resep : Resep Odading


Baca juga : Tips Membuat Odading Empuk dan Mengembang


32. Dessert Box Coklat


dessert box coklat manis


Dessert box coklat yang saya buat kali ini begitu mudah dibentuk dan nikmat. Nah, dengan resep dessert box berikut ini Anda juga bisa menciptakan sendiri supaya lebih hemat dan hasil yang lebih banyak. Ikuti resepnya di bawah ini, ya!


Jika Anda ingin menjajal kreasi yang lain, Anda juga bisa menciptakan dessert box yang terkenal selesai-final ini yaitu dessert oreo box.


Coba Resep : Resep Dessert Box Coklat


33. Kue Khamir


Kue khamir lembut


Kue ini terkenal dengan bentuknya yang bulat, pipih berwarna coklat seperti mirip kue apem. Kue khamir yang dibuat dari campuran terigu, margarin, tape, telur, ragi, gula dan susu. Cara membuatnya juga sangat gampang, lho!


Coba Resep : Resep Kue Khamir


34. Kue Dorayaki


dorayaki isi coklat


Anda niscaya kenal ya dengan kudapan manis tradisional khas Jepang ini. Yup! Dorayaki yang lebih dimengerti selaku kuliner favorit Doraemon ini yang dibuat dari dua buah pancake yang ditelungkupkan dan dilapisi oleh selai kacang merah di bab tengahnya.


Namun, Anda tidak mesti membelinya di luar untuk mencicipinya. Anda bisa coba buat dorayaki sendiri di rumah. Cara pembuatan dorayaki juga tidaklah sukar dengan materi-bahan yang gampang ditemukan.


Coba Resep : Resep Dorayaki Isi Coklat


35. Sawut Singkong



Coba buat sawut singkong, yuk! Sawut singkong ini cuma memakai 3 macam materi dengan lewat proses pengukusan yang sebentar saja. Camilan sederhana namun lezat ini dijamin bikin perut Anda kenyang dan murah semarak.


Anda juga mampu lho membuat sendiri kudapan berbahan dasar singkong khas Thailand. Yuk lihat resep membuat singkong Thailand.


Coba Resep : Resep Sawut Singkong Gunung


36. Lemet singkong


Lemet singkong legit


Tiap kawasan mempunyai penyebutan yang berbeda untuk kue yang satu ini. Ada yang menyebutnya utri singkong, timus, sampai ada yang menamakannya lemet singkong. Namun apapun namanya, si kenyal nan cantik berbahan singkong ini tak perlu disangsikan lagi rasanya.


Anda juga bisa menjadikannya sendiri di rumah dengan bahan-materi yang murah dan gampang didapat. Ikuti resepnya di bawah ini, ya!


Coba Resep : Resep Lemet Singkong


37. Onde-Onde Isi Kacang Hijau



Membuat onde-onde isi kacang hijau ini memang termasuk mudah. Namun, Anda harus memperhatikan cara menggorengnya biar tidak pecah dan hancur. Ikuti tipsnya dengan resep di bawah ini, yuk!


Coba Resep : Resep Onde-Onde Isi Kacang Hijau


38. Kue Tiramisu



Siapa sangka kudapan manis ala bakery hingga resto ini ternyata sungguh mudah, gampang dibentuk, dan nyaris tidak perlu alat pemanggang. Kue rasa tiramisu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ngidam masakan cantik. Yummy!


Coba Resep : Resep Tiramisu


39. Cheese Cake Kukus


cheese cake kukus


Jika Anda ingin membuat cheese cake, namun tidak mempunyai panggangan, Anda bisa mencobaresep yang satu ini. Yup! Sesuai dengan namanya, cheese cake kali ini dibentuk dengan cara diukus. Rasanya dijamin tidak kalah enak dengan yang dipanggang.


Coba Resep : Resep Cheese Cake Kukus (Tanpa Oven)


40. Ongol-Ongol


Ongol ongol manis murah


Satu lagi resep kudapan manis tradisional yang praktis dan hemat yang bisa Anda coba buat di rumah. Ongol-ongol yaitu salah satu kudapan manis tradisional khas daerah Jawa Barat.


Kue ini mempunyai banyak sekali varian, alasannya adalah mampu dibentuk dari beberapa bahan dasar yang berlainan, seperti tepung sagu, hunkwe, atau singkong. Bahan dasar inilah yang membuat teksturnya menjadi sungguh kenyal. Coba buat, yuk!


Coba Resep : Resep Ongol Ongol


Baca juga : Aneka Kue Tradisional Dari Singkong



Posting Komentar untuk "40 Resep Kue yang Praktis dan Ekonomis untuk Pemula"