Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aneka Resep Bubur Gurih dan Lezat Khas Indonesia

Penulis: Niahappy


Bubur yaitu salah satu sajian popular di Indonesia, terutama dikala sarapan, sajian ini sangat disenangi penduduk . Walaupun sederhana, kuliner ini cukup menyanggupi keperluan Anda alasannya adalah memiliki kandungan gizi yang baik dan rasanya yang enak. Di Indonesia sendiri bubur banyak macamnya mulai dari bubur yang super gurih hingga cantik. Nah, kali ini membahas bubur gurih asin yang enak dan gampang dibentuk, yuk intip!


1. Bubur Ayam



Tak cuma pagi hari, bubur ayam sekarang juga gampang dijumpai sore sampai malam hari. Bubur lembut ini memang cocok jikalau disantap untuk menciptakan kenyang sekaligus menghangatkan tubuh. Selain suwiran ayam, bubur ayam juga sering disuguhkan dengan kacang kedelai, irisan cakue, tongcai, irisan daun bawang, bawang goreng, dan tak ketinggalan kerupuk atau emping.


Dalam panci, masukan, beras, air, jahe, serai, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk terus dan masak sampai mengental. Angkat dan sisihkan.


Rebus ayam dan ambil air kaldunya sebanyak 400 ml. Sisihkan. Tiriskan ayamnya. Goreng ayam sebentar saja. Tiriskan kemudian suwir-suwir. Sisihkan.


Kuah: Dalam panci, masukan bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, dan ketumbar yang sudah dihaluskan sampai wangi. Tuang air kaldu, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, garam, dan merica. Masak hingga sedikit kental sesuai selera. Masak sampai sedikit mengental atau sesuai selera. Koreksi rasanya. Angkat.


Penyelesaian: Tata bubur di mangkok saji. Beri ayam suwir, kacang kedelai goreng, telur rebus, seledri, dan bawang goreng. Tuang kuah sesuai selera. Beri tambahan kerupuk. Siap dihidangkan.


Baca Juga : Resep Bubur Ayam


2. Bubur Manado



Bubur khas manado ini tidak cuma berbahan beras, namun juga aneka sayur daun, umbi, dan bahan lainnya. Rasanya sungguh gurih dan enak! Yuk, coba buat!


Didihkan air dalam panci. Masukan beras, jahe, dan serai. Masak hingga mendidih dan biarkan setengah jadi bubur. Masukan labu kuning, singkong, jagung. Aduk rata. Beri gula, garam, lada, dan bawang putih. Aduk rata. Masak sampai jadi berupa bubur dan singkong serta labu kuning jadi empuk.


Masukan bayam, kangkung, dan daun kemangi. Aduk rata. Masak sebentar sampai sayuran matang. Angkat. Siap dihidangkan ikan asin goreng dan sambal roa.


Baca Juga : Resep Bubur Manado


3. Bubur Kanji Rumbi



Masyarakat Aceh memiliki cara sendiri untuk menikmati bubur. Bubur khas Aceh diketahui dengan nama bubur kanji rumbi yang kaya rempah-rempah. Rasanya gurih, sedikit asin, dan yang pasti yummy. Jika Anda ingin mencicipinya, tak perlu jauh-jauh terbang ke Aceh, cukup membuatnya di rumah dengan resep di bawah ini.


Pertama rebus ayam dan udang yang telah dicuci bersih hingga matang. Sisihkan. Haluskan adas cantik, merica, biji pala, ketumbar, bawang putih, bawang merah, dan jahe, sisihkan.


Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak hingga haru. Tambahkan apulaga, cengkeh, pala, kayu cantik, bunga lawing hingga berganti warna (kuning). Masukan cuilan ayam dan udang. Aduk rata.


Masukan beras, masak sampai harum. tambahkan daun pandan dan bumbu yang telah dihaluskan. Tuang air kaldu, masak sampai beras mengembang. Tambahkan minyak samin, aduk perlahan. Angkat bila telah agak mengental. Taburkan bawang goreng, daun bawang, dan kepingan cabai. Siap disuguhkan.


Baca Juga : Resep Mie Goreng Aceh


4. Bubur Mengguh


id.tastemade

Jika Anda berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mencicipi bubur Mengguh. Bubur mengguh sering disebut dengan bubur mangguh atau mungguh. Bubur ini dihidangkan dengan adonan daging ayam atau ikan, sayur, dan bumbu rempah. Penasaran? Yuk, coba bikin!


Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, kemiri, merica, ketumbar, dan garam, sisihkan. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. masukan daging ayam, daun salam, lengkuas, dan kaldu debu. Tambahkan air. Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap kemudian angkat. Pisahkan ayam dengan kuahnya. Rebus beras hingga lunak. Tambahkan santan, garam, dan daun salam. Masak lagi hingga bubur mengental. Masukan kacang panjang lalu masak hingga matang, aduk sampai rata. Angkat.


Selanjutnya menciptakan urap untuk bubur mengguh. Haluskan bawang putih, cabe merah, terasi, kencur, gula merah, daun jeruk, dan garam. Tambahkan kelapa parut. Aduk hingga rata. Kukus semua bumbu urapan hingga matang, angkat. Campur bumbu dengan kacang panjang rebus. Sisihkan.


Sajikan bubur di dalam mangkuk. Taruh bumbu urapan di atas bumbu. Taburkan bawang goreng dan suwiran ayam. Makan selagi hangat.


Baca Juga : Resep Urap Bali


5. Bubur Cirebon


id.tastemade

Berbicara perihal bubur ayam, yang pertama terlintas yakni bubur ayam Cirebon. Sekilas, bubur ayam Cirebon tak bertentangan dengan bubur ayam lainnya. Namun, jika dilihat dengan seksama, bubur ayam Cirebon lebih berkuah dan memiliki bermacam-macam isian. Rasanya pun lebih gurih karena kuah kaldu berasal dari air rebusan ayam yang ditambah dengan bumbu rempah yang lain.


Pertama buat bubur terlebih dahulu. Campur beras, air, serai, daun salam, dan garam. Masak sampai menjadi bubur kental, angkat, sisihkan.


Selanjutnya, rebus dada ayam masukan daun bawang, seledri, garam, dan lada hingga ayam matang. Angkat dan suwir ayam, sisihkan.


Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, dan lengkuas. Sisihkan. Rebus sisa kaldu dengan api kecil. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukan bumbu ke dalam air rebusan. Aduk rata. Tambahkan lada debu, kunyit abu, pala bubuk, dan kecap asin. Aduk rata sampai matang. Matikan kompor.


Sajikan bubur di atas mangkok. Taruh ayam suwir, cakwe, kacang, bawang goreng, kaldu ayam, daun bawang, seledri, dan kerupuk di atasnya bubur. Nikmati selagi panas.


Baca Juga : Resep Nasi Lengko


6. Bubur Tumpang



Membuat bubur sambel tumpang tidaklah sukar, kurang lebih sama mirip menciptakan bubur yang lain, yang membedakan adalah sambel tumpang itu sendiri. Ada cara khusus menciptakan sambel tumpang, tetapi jangan cemas untuk membuatnya sungguh mudah kok!


Bubur: Rebus beras sampai menjadi bubur lembut (sesuai selera) tambahkan sedikit santan abu dan garam. Aduk rata, matikan kompor. Sisihkan.


Tumpang: Rebus tempe, daging, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabia rawit, salam, lengkuas, daun jeruk, kencur, dan garam sampai air berkurang. Kecilkan api.


Haluskan bawang merah, bawang putih, cabia merah, cabai rawit, dan kencur. Masukan ke dalam paci rebusan. Ambill daging, potong tipis, masukan ke panci rebusan. Tambahkan sedikit air. Besarkan api lagi, panaskan sampai meletup-letup. Masukan santan abu. Aduk rata terus. Beri garam, lada, kaldu abu, dan gula jawa. Masukan tahu putih. Masak hingga matang merata. Angkat dan hidangkan bubur tumpang bareng daun kenikir.


Baca Juga : Resep Gudeg Jogja (Kering)


Posting Komentar untuk "6 Aneka Resep Bubur Gurih dan Lezat Khas Indonesia"