Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cimol Yang Enak dan Kenyal

Cara Membuat Cimol Yang Enak dan Kenyal
Cara Membuat Cimol Yang Enak dan Kenyal
 

Resep Cara Membuat Cimol Yang Enak dan Kenyal – cimol. Makanan ini biasa disebut dengan cimol karena bentuknya yang kecil namun kenyal dimakan, cimol memiliki bentuk dan rasa yang khas. Makanan yang terbiasa terjual dikeliling sekitar rumah kita ini tergolong makanan yang disukai oleh siapapun tak lepas juga dari anak kecil. Cimol berbahan dasar tepung ini sangat mudah dibuat. Seperti yang pernah kita jumpai pada masyarakat, terkadang seseorang lebi suka membeli daripada membuatya sendiri. Untuk menciptakan rasa cimol yang sedap dan lezat serta sifat cimol yang kenyall itu tak perlu menggunakan tambahan bahan pengawet, anda cukup menambahkan bumbu-bumbu dapur bersamanya. Untuk menambah kelezatan rasa cimol yang sedap anda juga tidak bole melupakan kebersihan selama proses pembuatannya, karena kebersihan merupakan bagian dari iman, siapa yang menjaga kebersihan pad kebiasaan memasak, terutama pada proses pembuatan cimol, maka anda tak perlu khawatir lagi bila anda dan keluarga anda mengkonsumsi cimol.
Cimol merupakan cemilan sederhana yang mudah dibuat, selain itu bahannya pun juga mudah didapat di sekeliling atau sekitar tempat tinggal kita. Bila sedang lapar atau untuk mengisi kekosongan waktu anda bisa memanfaatka waktu anda untuk belajar membuat cimol, pasti asyik. Ayoo segera jangan pernah bosan untuk belajar membuat makanan yang enak agar nanti anda memiliki banyak pengalaman dalam memasa apapun. Tak perlu khawatir pada cimol yang kenyal, karena itu sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet, pastinya cimol aman dimakan oleh siapapun. Resep ini terutama, resep cara membuat cimol yang enak ini berbeda dengan resep cara membuat cimol lainnya. Resep ini mudah dibuat dan praktis, untuk itu saya berbagi ini untuk membantu anda yang ingin belajar bersama pula. Mau tau rahasia cimol yang enak dan kenyal? Simak terus artikel dibawah ini.

Bahan Cara Membuat Cimol Yang Enak dan Kenyal :
  • 1000 gram tepung kanji, merk apapun namun akan lebih baik jika anda pilih merk 2 naga
  • 8 sendok makan tepung terigu atau tepung beras
  • 4 sendok makan soda kue
  • 2 sendok makan merica bubuk
  • 2 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dihaluskan
  • Penyedap rasa (masako) atau lebih sering kita sebut MSG secukupnya, bila perlu
  • Air mendidih secukupnya
  • Minyak goreng yang sama sekali belum terpakai

Langkah Cara Membuat Cimol Yang Enak dan Kenyal :
  1. Tuangkan kedalam wadah bahan berikut ini: tepung kanji, tepung beas atau tepung terigu, soda kue, merica bubuk, dan penyedap rasa (masako). Aduk bahan tersebut hingga tercampur rata dan anda sudah yakin bahwa sudah terasa lezat.
    Tuangkan kedalam wadah bahan
  2. Siapkan terlebih dahulu air mendidih, tuangkan sedikit demi sedikit air mendidih tersebut, dan usahakan air tersebut terus anda panaskan diatas kompor dengan api kecil. Hal ini bertujuan agar hasil cimol nanti tidak keras dan tetap kenyal.
    tuangkan sedikit demi sedikit air mendidih
  3. Uleni bahan yang sudah tertuang air mendidih tersebut hingga tercampur rata dan kalis. Usahakan adonan tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu padat agar mudah dibentuk.
    Uleni bahan yang sudah tertuang air mendidih tersebut hingga tercampur rata dan kalis
  4. Diamkan beberapa saat untuk mendinginkan adonan.
    Diamkan beberapa saat untuk mendinginkan adonan.
  5. Bentuklah adonan berbentuk bulat-bulat kecil menggunakan kedua telapak tangan yang bersih. Agar tidak lengket, usapi dahulu kedua telapak tangan anda dengan minyak goreng.
    Bentuklah adonan berbentuk bulat-bulat kecil
  6. Panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng, kemudian goreng cimol dengan api kecil hingga cimol matang dan berwarna kuning keemasan . bila sudah matang, anda bisa sajikan dan tambahkan saus sambal atau saus tomat bila anda suka.
  7. Panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng, kemudian goreng cimol

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cimol Yang Enak dan Kenyal "