Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Klepon Kenyal Enak

Cara Membuat Klepon Kenyal Enak 
Cara Membuat Klepon Kenyal enak

Cara Membuat Klepon Kenyal Enak-Klepon yang kenyal dan padat serta juga tanpa daun pandan suji sebagai pewarna alami sehingga bisa diganti dengan pasta pandan. Dengan usaha yang minimum dan menghasilkan hasil yang maximum, iya itulahtujuan dasarnya. Dengan hal itu maka kita bisa memanfaatkan gulabatu/ gula aren sebagai isi dari makanan ini, nggak tau siapa pembuat awal makanan ini, tentunya bukan saya, makanan ini sudah ada sejak zaman kakek nenek saya, nah berarti itu sebuah pertanda bahwa makanan ini sangat dilestarikan, nah teman sebagai masyarakat Indonesia tentunya bangga dong dengan makanan khas ini. Satu car adari saya untuk tetap menjaga dan melestarikan makanan ini adalah dengan membagikan resepnya, tentunya berbeda dengan resep yang lainnya, makanan ini tidak dengan campuran bahan kimia, maka dari itu makanan ini aman dimakan siapapun, tertarik kan jika anda membuat dan berharap banyak yang menyukai makanan klepon ini jajanan Nusantara Masyarakat indoensia, langsung saja simak langsung dibawah ini.

Bahan Cara Membuat Klepon Kenyal Enak :
• 150 gram tepung ketan
• 1 sendok makan gula pasir
• ½ sendok teh garam
• air putih setengah hangat secukupnya
• kelapa parut kukus dengan sedikit taburan garam merata
• gula batu / gula aren secukupnya
• pasta pandan / pewarna hijau atau sesuai selera jika ingin berwarna-warni

langkah-langah Cara Membuat Klepon Kenyal Enak :
1. pertama, campurka tepung ketan dengan gula pasir dan garam, aduk rata.
2. Kemudian masukkan pewarna makanan ke dalam gelas yang berisi air secukupnya, kemudian tuang air sedikit demi sedikit ke adonan sambil diuleni sampai adonan menjadi kalis. Dan bisa dibentuk
3. Ambil sedikit adonan dengan ukuran menurut selera anda kemudian pipihkan dan beri isi dengan gula batu, untuk gula batu, potonglah sampai gula batu lembut. Bulatkan adonan dengan rapi.
4. Sebelum berlanjut ke proses selanjutnya, didihkan air terlebih dahulu, jika sudah mendidih masukkan adonan tersebut tunggu sampai mengapung, bila sudah mengapung pertanda bahwa klepon sudah matang.
5. Diamkan dan dinginkan sebentar, kemudian guling-gulingkah klepon ke parutan kelapa, maka klepon sudah siap dihidangkan

Cara Membuat Klepon Kenyal Enak - Bagaimana dari hasil prosedur diatas, mudah kan? Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Klepon Kenyal Enak"